KPUD Kalsel Harap Sistem SILON Mampu Mewujudkan Pemilu Terbuka dan Akuntabel | Berita Banjarmasin | Berita Kalimantan Selatan | Media Online Banjarmasin

Selasa, 05 Juni 2018

KPUD Kalsel Harap Sistem SILON Mampu Mewujudkan Pemilu Terbuka dan Akuntabel

BANJARMASIN, BBCOM -  Demi memberikan kemudahan dalam admistrasi maupun verifikasi pemilihan legislatif maupun pemilihan presiden di 2019 mendatang Komisi Pemilihan Umum Daerah Kalimantan Selatan memberikan sosialisasi Sistem Informasi Pencalonan (SILON) dengan menggunakan username dan password berlangsung di aula KPUD  Kalsel, pada Selasa (04/06/2018).
Sosialisasi SILON di aula KPUD Kalsel, Selasa (04/06/2018)/beritabanjarmasin.com
Selain mempermudah bagi bakal calon pileg maupun pilpres di 2019 mendatang juga bisa bermanfaat untuk masyarakat luas yang belum begitu melek terhadap sistem informasi yang berbasis digital. Perlu diketahui, SILON serentak dilaksanakan diseluruh provinsi di Indonesia dan jauh berbeda dari 2014 lalu, ditahun 2019 akan banyak inovasi dalam rangka mempermudah pelaksanaan.

"SILON ini bermanfaat terutama bagi calon karena mampu memantau syarat-syarat pencalonan, Jika syarat belum terpenuhi, maka sistem akan mendeteksi dan mewajibkan calon memenuhi syarat secara keseluruhan," ungkap Edi Ariansyah Ketua KPUD Kalsel.

Sementara itu untuk Pilkada di 2018 khususnya di Kalsel nanti akan dicoba menggunakan SILON dan akan ada simulasi dalam pelaksanaanya 30 hari sebelum hari H. Dengan demikian, penggunaan SILON membantu mewujudkan prinsip keterbukaan dan akuntabilitas penyelenggaraan pemilu, sebagaimana diatur dalam Pasal 3 huruf f dan huruf l pada Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. (arum/ayo)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only