Kain Sasirangan Siap Bersaing Menuju Pasar Dunia | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 08 Maret 2018

Kain Sasirangan Siap Bersaing Menuju Pasar Dunia

Banjarmasin, BBCom - Forum Diskusi Sasirangan (FDS) merupakan rangkaian dari agenda Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) 2018. Forum Diskusi Sasirangan diselenggarakan pada Rabu (07/03). Bertempat di Rumah Anno Banjarmasin.
Forum Diskusi Sasirangan sebagai rangkaian acara Banjarmasin Sasirangan Festival/beritabanjarmasin.com
Forum ini mengangakat tema "Reposisi Kain Sasirangan". 

FDS sebagai salah satu ikhtiar untuk mempopulerkan Kain Sasirangan hingga menembus pasar dunia.

Di isi oleh empat narasumber, ada Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin Siti Wasilah, Kepala Dinas Disperindag Provinsi Kalsel Hasan Talaohu, Pelopor pengrajin sasirangan Yurliani Joansyah dan Budayawan Mokhlis Maman.

Diskusi tersebut diselenggarakan untuk mengapresiasi kain sasirangan. Apabila melihat sejarah, kain sasirangan merupakan budaya dari Kota Banjarmasin, yang mana saat ini pemerintah kota maupun daerah mulai meningkatkan kain sasirangan untuk menjadi komoditi daerah yang diharapkan nantinya dapat menembus pasar dunia.

Dalam pemaparannya, Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin, Siti Wasilah menyatakan agar kain sasirangan mampu berkembang seperti halnya kain batik tetapi tidak meninggalkam nilai-nilai sejarahnya.

“Saat ini kita bisa katakan berkaca kepada perkembangan kain di daerah lain, katakan saja batik, sedemikan mereka berkembang bisa memenuhi permintaan secara massal, namun tidak meninggalkan yang bersifat sejarah", tutur Siti Wasilah.

Ia juga menambahkan agar motif sasirangan tidak disalah tempatkan lagi dalam berbagai hal.

“Motif tertentu seharusnya tidak berada atau tidak digunakan untuk perkakas, seperti alas meja, tempat tisu atau bahkan tempat sampah,” tambahnya.

Karena keterbatasan waktu, diskusi hanya sampai pada titik dimana akan ada forum diskusi lanjutan untuk membahas lebih jauh tentang sasirangan.

Rencananya dalam forum diskusi lanjutan nanti, akan lebih mereposisi kain sasirangan, dari usaha mikro menjadi berskala besar, agar bisa bersaing di skala Nasional dan Internasional.

Dan pastinya tetap memadukan motif yang sesuai dengan nilai-nilai dari sejarah Kalsel.[rizal nagara/ayo]

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner