Wow, Penulis Denmark Bukukan 14 Macam Jukung Banjar | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Selasa, 16 Mei 2017

Wow, Penulis Denmark Bukukan 14 Macam Jukung Banjar

BANJARMASIN, BBCOM - Kultur budaya sungai di Kota Banjarmasin ternyata menarik para peneliti, bukan hanya lokal namun juga dari luar negeri.

Seperti tertuang dalam buku berjudul "Jukung-Boats, from Barito Basin" karya Erik Petersen asal Denmark. Di dalam buku yang ia tulis, tercantum 14 macam jukung Suku Banjar secara detil.


Hal ini terungkap saat Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina bertemu dengan Guru Besar Universitas Lambung Mangkurat, Prof MP Lambut.

"Prof MP Lambut menyebut manusia sungai sambil menyodorkan buku itu," kata Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, Selasa (16/5/2017).

Dijelaskannya, buku "Jukung-Boats from Barito Basin adalah karya Erik Petersen orang Denmark yang dikenal juga sebagai Kai Jukung dan beristrikan orang Banjar daerah Banua Anyar.

"Buku yang hebat karena memuat detil 14 jenis perahu jukung urang banjar. Sayangnya berbahasa Inggris tersimpan di Viking Museum dan belum diterjemahkan," ujarnya.

Ditambahkannya, ia pernah mendengar filosofi urang Banjar itu "kada akan membuang rigat (sampah) ke sungai kareba inya (mereka) memiliki dingsanak (keluarga) di sungai. [sip]

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner