Tanda Akhir Zaman, Banyak Orang Mati Mendadak | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Selasa, 02 Agustus 2016

Tanda Akhir Zaman, Banyak Orang Mati Mendadak

SETIAP manusia pasti akan mati. Sebab, pada awalnya seseorang berasal dari Allah SWT dan suatu saat nanti akan kembali kepada-Nya. Hanya saja, kita tak pernah tahu hingga kapan kita akan bertahan hidup di dunia ini. Kematian menjadi misteri dalam hidup.

Bisa jadi kematian akan menjemput kita di akhir zaman kelak. Di mana kehancuran bumi ini terjadi. Akan tetapi, kita harus perbaiki iman, agar Allah SWT tak membiarkan hidup di akhir zaman. Sebab, di masa itu ujian cukup berat. Dan makhluk terakhir yang mati ialah yang paling hina. Orang-orang beriman akan lebih dulu wafat daripada mereka. Sehingga, tak ada yang dapat memberikan petunjuk kebenaran.

Akhir zaman ini mulai terasa. Terlihat dari tanda-tanda yang menunjukkan semakin dekatnya masa itu. Salah satu tandanya yang sudah terlihat di zaman sekarang ialah banyaknya orang yang meninggal dunia secara mendadak. Yaitu, kematian tiba-tiba yang disebabkan oleh penyakit jantung, kecelakaan mobil, atau jatuhnya pesawat.

Anas ibn Malik RA meriwayatkan, bahwa Nabi Muhammad ﷺ bersabda, “Sesungguhnya, di antara tanda-tanda hari kiamat adalah merebaknya kematian yang mendadak,” (HR. Thabrani dalam As-Saghir dan Al-Awsath. Al-Albani menilai hadis ini hasan dalam Shahih Al-Jami’, hadis no. 5775).

Pada zaman dahulu, seseorang dapat merasakan tanda-tanda dekatnya kematian dirinya. Ia sakit selama beberapa hari dan tahu bahwa sakitnya ini adalah sakit menjelang ajal. Ia pun menuliskan wasiat, meminta maaf kepada keluarganya, berwasiat kepada anak-anaknya, lebih mendekatkan diri kepada Allah, bertaubat, mengulang-ulang dua kalimah syahadat, dengan tujuan meraih khusnul khatimah.

Adapun sekarang, Anda melihat seseorang masih dalam keadaan segar bugar dan tidak memiliki keluhan apapun. Namun, tiba-tiba Anda mendengar kabar kematiannya secara mendadak, akibat serangan jantung atau kecelakaan mobil yang menewaskannya seketika itu juga. Oleh karena itu, orang yang berakal hendaknya harus selalu siap menghadapi kematian dan bertemu dengan Allah.

Raihlah keutamaan rukuk di waktu luang,

Siapa tahu kematian terjadi secara mendadak.

Berapa banyak orang sehat yang kulihat

Jiwanya yang sehat melayang seketika. []

Referensi: Kiamat Sudah Dekat?/Karya: Dr. Muhammad Al-‘Areifi/Penerbit: Qisthi Press/Islampos

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner