Wow, Masjid Mobile Ini Bisa Keliling Kota | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 20 Juli 2016

Wow, Masjid Mobile Ini Bisa Keliling Kota

MENGUNJUNGI ramainya Kota Bandung tidak usah resah tidak dapat shalat tepat waktu. Meskipun tengah berada di pusat kota yang sejatinya adalah tempat ramai, kerap kita merasa tidak ada tempat ibadah shalat yang memadai. Di kota Bandung ada Masjid Mobile yang bakal datang “menghampiri” Jamaah.

Masjid Mobile ialah sebuah minibus gagasan Yayasan Masjid Nusantara yang membawa peralatan-peralatan keperluan sebuah masjid. Boleh dibilang, Masjid Mobile merupakan masjid yang bisa berpindah-pindah. Tujuan utama Masjid Mobile ini ialah menyediakan fasilitas tempat shalat di tempat-tempat yang kurang memadai, seperti keramaian-keramaian, tempat pengungsian, atau tempat yang jauh dari tempat shalat lainnya seperti dikutip dari infobdg.com.

Peralatan yang ada pada Masjid Mobile ini seperti, alat-alat shalat mukena dan sarung, karpet masjid, genset, sound system, mimbar, penampungan air dan pipa instalasinya untuk wudhu, sampai sandal jepit, bahkan imam shalat. Masjid Mobile ini mampu menampung lebih dari 40 jemaah bahkan bisa melaksanakan shalat Jumat.

Pada mulanya, masjid yang merupakan hasil donasi kepada Yayasan Masjid Nusantara ini dijalankan di pengungsian pascabencana alam di kawasan Pangalengan beberapa waktu yang lalu, namun sudah aktif beroperasi pada bulan Ramadhan 2015 lalu.

Masjid Mobile memang masih memiliki beberapa kendala, selain jumlah yang beroperasi baru satu unit, minibus yang digunakan pun masih yang berukuran kecil, sehingga tidak dapat memuat banyak peralatan. Di sisi lain masjid mobile ini tidak memiliki atap. Jadi terpaksa berhenti beroperasi jika cuaca sedang hujan.

YMN ke depannya berkeinginan memaksimalkan layanan Masjid Mobile ini. Salah satunya menambah armada dan menggati armada dengan minibus yang lebih besar. Dengan begitu bisa  memfasilitasi tempat shalat khusus untuk perempuan. Pihak YMN juga mempunyai harapan semakin banyak donator yang  berdonasi untuk program Masjid Mobile ini.

Foto: masjidnusantara.org

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner