Bantu Rohingnya, Nelayan Aceh Masuk Nominasi Nansen Refugee Award 2016 | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 11 Februari 2016

Bantu Rohingnya, Nelayan Aceh Masuk Nominasi Nansen Refugee Award 2016

ACEH UTARA - Nelayan Aceh yang menyelamatkan warga Rohingya dan Bangladesh di perairan Aceh masuk nominasi Nansen Refugee Award 2016. Usulan itu diinisiasi oleh Yayasan Geutanyoe.

Direktur Internasional Yayasan Geutanyoe, Lilianne Fan mengatakan, perjuangan para nelayan yang sudah menyelamatkan ribuan nyawa warga Rohingya dan Bangladesh demi mempertahankan hidup mereka layak diajukan untuk Nansen Refugee Award 2016.

"Kalau tidak ditolong oleh para nelayan Aceh, maka nyawa anak-anak, warga Rohingya dan Bangladesh yang terdampar dilaut bisa tidak terselamatkan, maka kami mengajukan para nelayan ini untuk Nansen Refugee Award 2016," kata Lilianne Fan, dikutip dari laman tajuk.co.

Setiap tahun UNHCR memberikan Nansen Refugee Award kepada lembaga dan relawan yang telah menyelamatkan para pengungsi yang mencari suaka politik. Selain itu Nansen Refugee Award juga diberikan kepada relawan yang fokus memberikan pendidikan kepada para anak-anak pengungsi di semua negara.

Menurut Lilianne Fan, para nelayan Aceh menunjukkan cara yang nyata sebuah kerja kemanusiaan yang sangat mulia menyelematkan nyawa manusia, dan hak asasi manusia tanpa memandang ras dan suku.

"Tindakan penyelamatan yang dilakukan oleh para nelayan Aceh, serta respons masyarakat lokal dan pemerintah untuk membantu mereka berujung pada peninjauan kembali oleh Pemerintah Indonesia mengenai kebijakan mereka terhadap pengungsi," kata Lilianne. (FHR)


photo source: binamasyarakat.com

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner