Gerard Louwrens, Bupati Barabai Tempo Dulu | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 05 November 2015

Gerard Louwrens, Bupati Barabai Tempo Dulu

BARABAI adalah sebuah wilayah administratif yang disebut “Onderafdeeling” yang pejabat tertingginya dipegang oleh seorang “controleur” yaitu seorang pejabat yang sekarang setingkat bupati namun dari bangsa Belanda.
Dari sekian banyak “controleur” (bupati) yang pernah memerintah Barabai terdapat seorang yang bernama :
“Gerard Louwrens Tichelman” adalah seorang pegawai negeri kolonial Belanda yang lahir di Palembang tanggal 31 Januari 1893 dan meninggal dunia di Haarlem Belanda tanggal 3 Januari1962.

Beliau dikenal sangat pintar dan memiliki dedikasi yang tinggi serta bisa bergaul dengan penduduk pribumi sehingga Kerajaan Belanda sering memberi kepercayaan kepada beliau untuk memimpin beberapa kota di Kalimantan, Sumatera dan Maluku.

Pada usia yang relatif muda yaitu 33 tahun “Gerard Louwrens Tichelman” ditunjuk menjadi "controleur" (mungkin Bupati termuda yang pernah ada) di Barabai. Beliau memerintah kurang lebih 3 tahun dari sekitar tahun 1926 sampai tahun 1929.

Dimasa kepemimpinan beliau yang sangat singkat (sekitar 3 tahun) inilah kota Barabai mulai berbenah untuk mengejar ketertinggalannya dari kota lain. Tatakota diatur sedemikian rupa, agar kelihatan cantik dan indah, kebersihan ditingkatkan, serta pembangunan berbagai infrastruktur di berbagai bidang dipercepat pengerjaannya sehingga kota Barabai pada waktu itu berkembang dengan pesat.

source:  gorden313.yolasite.com

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner