Rabu, 14 Februari 2018

Begini Antusiasme para Pustakawan Banua Saat Hadiri Seminar Digital Library

Banjarmasin, BBCom - Ditengah perkembangan dunia yang semakin cepat dan akses informasi yang tak terhitung banyaknya. penyesuaian-penyesuain dengan zaman kekininan menjadi sebuah keniscayaan karena apabila tidak mampu beradaptasi dengan zaman maka akan digilas oleh roda kehidupan.
(Para peserta, panitia dan narasumber saat sesi foto bersama/beritabanjaramsin.com)

Termasuk penyesuaian dengan sistem pendidikan di perguruan tinggi yang sudah masuk pada ranah digital, khususnya ranah pengelolaan perpustakaan.

Hari ini Rabu (14/02), Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) mengadakan semiar nasional tentang Perpustakaan Digital, bertempat di lantai 1 Aula Rektorat ULM dengan menggandeng beberapa para ahli dibidang pengelolaan perpustakaan digital diantaranya Imam Budi Prasetiawan Kepala Perpustakan Binus University juga Ketua Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) Pusat, dan Josep Edyanto dari PT Enam Kubuku Indonesia yang juga expert di bidang ebook dan library digital.

Pengelola perpustakaan kampus di luar ULM pun banyak berhadir seperti Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, UIN Antasari Banjarmasin, Politeknik Batulicin, Poltekes Banjarbaru, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Banjarmasin, Poliban Banjarmasin dan beberapa kampus lainnya.

Diluar dugaan Abdul Hadi Kepala UPT Perpustakaan ULM menyampaikan perasaan bahagianya karena para pustakawan yang hadir full memenuhi ruangan seminar.

Beberapa peserta sempat ditanya oleh wartawan beritabanjarmasin.com mengenai seminar nasional perpustakaan digital ini.

"Bagi saya acara ini sangat membantu mahasiswa apalagi bagi saya mahasiswa tingkat akhir yang sedang skripsian, gak perlu nyari atau bawa buku berat-berat tapi bisa online dan bisa di buka rumah," ujar Zainul Fuad peserta mahasiswa dari FKIP ULM yang juga seorang Duta Genre Nasional.

"Ia berharap mudah-mudahan segera terbentuk FPPTI Kalsel dan mampu mengorganisir para pustakawan di Banua," tambahnya yang juga seorang Duta Genre Nasional.

Senada dengan Zainul, Suhartiah pustakawan dari Poltekes Kemenkes Banjarmasin menyampaikan antusiasmenya saat mengikuti kegiatan ini.

"Sangat bermanfaat menurut saya dalam mendukung perpustakaan perguruan tinggi, dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa sangat membantu karena dengan adanya sistem digital akan mempercepat penyampaian informasi dan menambah wawasan dalam pengelolaan perpustakaan," ujarnya.

Masih olehnya ia berharap semoga perguruan tinggi yang ada di Kalsel dapat bergabung di forum ini, dan dapat mengikuti perkembangan tentang keperpustakaan. [afs/ayo]

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only