okeee

okeee

» » Ada 930.000 Lebih Pemilih yang Tak Ikut Mencoblos Pilgub Kalsel 2015

BERITABANJARMASIN.COM - Berdasarkan hitung-hitungan di atas kertas, Paman Birin (Sahbirin Noor) dapat dibilang bakal keluar sebagai pemenang Pilgub Kalsel 2015, mengalahkan rival terberatnya, H Muhidin, mantan Walikota Banjarmasin.

Boleh dibilang 'pertarungan' antara Paman Birin dan H Muhidin ini merupakan pertarungan perolehan suara paling dramatis dalam sejarah Pilkada di Kalsel. Betapa tidak, selisih suara mereka berdua saling kejar-kejaran di angka yang sangat tipis, di bawah satu persen.

Bahkan H Muhidin sempat dinyatakan menang pilgub Kalsel oleh hasil quick count salah satu stasiun televisi swasta nasional pada malam hari pencoblosan, 9 Desember 2015 lalu.

Namun hitung nyata pada situs KPU kemudian memperlihatkan bahwa Paman Birin unggul, meski kemudian sempat kembali disalip oleh H Muhidin. Dibalik hingar-bingar pertarungan sengit ini ada satu hal yang patut kita perhatikan.

Yaitu jumlah pemilih yang tidak memberikan suaranya pada Pilgub kali ini mencapai sekitar 932.707 orang. Sekedar informasi, jumlah pemilih di Kalsel sendiri jumlahnya lebih dari 2.833.640 orang. Pemilih yang menggunakan hak pilihnya hanya sekitar 1.901.033 orang.

Data ini diambil saat rekapitulasi suara di situs KPU mencapai 99,04 persen. Dengan jumlah pemilih yang tak menggunakan hak pilih nyaris 40 persen, artinya ada yang perlu dibenahi dari proses yang berlangsung saat ini. [orin/sip]

data: pilkada2015.kpu.go.id
image: rumahpemilu.org

About BERITA BANJARMASIN

Situs berita www.beritabanjarmasin.com adalah situs informasi dan hiburan bagi warga Banjarmasin dan sekitarnya. Berusaha menyajikan berita positif dan inspiratif.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
close
Banner iklan disini