Beri Edukasi Warga Sungai Andai, PT Pertamina Patra Niaga Integratede Sosialiasikan Program Baungah | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Selasa, 21 Mei 2024

Beri Edukasi Warga Sungai Andai, PT Pertamina Patra Niaga Integratede Sosialiasikan Program Baungah

BERITABANJARMASIN.COM - PT Pertamina Patra Niaga Integratede Terminal Banjarmasin sosialisasikan program Baungah (Banjarmasin Meulah Sampah) di Kelurahan Sungai Andai, Selasa (21/5/2024).

Community Developmet Officer PT. Pertamina Patra  Niaga Integrated Terminal Banjarmasin, Adi Lukman Arifin mengatakan sosialisasi diberikan lebih pada pemahaman kepada warga terhadap pengelolaan sampah.

Mengingat saat ini sampah di Kota Banjarmasin merupakan isu paling sering diperbincangkan. Seiring jumlah Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang tidak mencukupi kebutuhan.

"Maka dari itu, kita ingin sampah yang diproduksi setiap hari di rumah tangga bisa dipilah dari warga langsung," ucap Adi seusai sosialisasi.

Adapun dari program Baungah lanjut Adi, berbagai kegiatan dilakukan untuk pengelolaan sampah dengan merangkul masyarakat langsung. Misalnya pemilahan sampah dari sumber baik organik dan non organik.

Kemudian, memaksimalkan pusat bank sampah TPS 3R di tiap RT maupun RW dengan tujuan untuk mengurangi timbunan sampah dari warga ke TPS yang kebanyakan sudah over load.

"Karena kita tahu ada beberapa jenis sampah memiliki nilai ekonomis. Sehingga kita ingin memberikan pemahaman kepada warga agar bisa memilih sampah dari rumah," jelasnya.

Tentunya program Baungah ini akan mendukung upaya Pemerintah Kota Banjarmasin dalam menekan jumlah sampah yang dibuang di Tempat Penampungan Akhir (TPA) di Basirih.

"Tidak hanya terhenti di Sungai Andai saja sebagai pilot project. Insya Allah program ini akan berkelanjutan di wilayah lain," kata ia.

Sementara itu, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Sungai Andai, Muhammad Sapriansyah menyambut baik adanya sosialisasi program Baungah. 

"Dalam sosialisasi ini kita warga diberi pemahaman akan pentingnya pengelolaan sampah dengan baik karena bisa menghasilkan nilai ekonomis," tuturnya.

Meski ada program Surung Sintak, tetap saja lanjutnya perlu pengelolaan sampah dari sumber yakni rumah tangga agar sampah dihasilkan terpilah dan sampai di TPA tidak terlalu banyak.

"Kita coba kelola sampah dari rumah sendiri dan di dari RT harus mendukung dan mendorong itu," akhirnya. (arum)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner