Sambangi PPP Batulicin, Paman Yani Harapkan Pabrik Es Batu Segera Dibangun | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 19 Februari 2024

Sambangi PPP Batulicin, Paman Yani Harapkan Pabrik Es Batu Segera Dibangun

BERITABANJARMASIN.COM - TANAH BUMBU - Komisi II DPRD Kalsel melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Batulicin, Senin (12/2/2024).

Berbagai hal menjadi sorotan terutama terkait sarana prasana penunjang kualitas mutu ikan. Salah satunya yakni pembangunan pabrik es batu yang sudah diusulkan sejak 2018 lalu.

Menurut Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalsel Muhammad Yani Helmi, pabrik es batu itu sangat diperlukan demi menjaga kualitas ikan hasil tangkap nelayan.

"Hasil tangkapan ikan di Tanbu sudah sangat baik. Tetapi jika dibandingkan dengan Banjarmasin, tekstur dan rasa ikan masih kalah," katanya.

Diketahui ketersediaan es batu PPP Batulicin sampai saat ini hanya memenuhi sekitar 20 persen dari hasil tangkapan. 

Oleh sebab itu, wakil rakyat akrab disapa Paman Yani itu mendesak dinas terkait untuk menindaklanjuti rencana pembangunan pabrik es batu melalui Rapat Dengar Pendapat (RDP) dalam waktu dekat.

"Walaupun nanti kendalanya terkait anggaran, nanti kita coba ajukan ke kementerian," ungkapnya.

Di tempat yang sama, anggota Komisi II DPRD Kalsel, Burhanuddin menyoroti tentang pentingnya penambahan Sumber Daya Manusia (SDM) yang benar-benar mengerti tentang perikanan dan kelautan di PPP Batulicin.

Pasalnya, Burhanuddin menilai ikan hasil tangkap nelayan di pelabuhan itu sangat melimpah. Bahkan dikirim hingga ke provinsi tetangga seperti Kaltim dan Kalteng.

"Terkait kekurangan yang lain seperti kantor dan operator kita harap Pemprov Kalsel segera merencanakan. Intinya harus ada target diselesaikan tahun ini dan rencana target pembangunan untuk 2025," tekannya.

Burhanuddin juga menginginkan kedepannya PPP Batulicin memiliki produk olahan ikan untuk dikirim ke luar provinsi.

"Sehingga akan berdampak pada PAD yang lebih tinggi. Tapi jelas itu memerlukan anggaran, kalau begitu bisa dilakukan kerjasama," sebutnya.

"Jadi PPP bisa komunikasikan ini bersama kami apa yang jadi kendala. Sampaikan supaya bisa jadi perhatian bersama," pintanya.

Sementara itu, Kepala PPP Batulicin, Akhmad Syarwani mengaku sangat mengapresiasi perhatian yang diberikan Komisi II DPRD Kalsel terhadap pelabuhan yang dipimpinnya.

"Apalagi terkait pabrik es batu, Saya harap RDP nanti akan berjalan lancar. Sehingga jika terealisasi bisa mendongkrak harga ikan dan tentu PAD kami akan semakin baik," ungkap Syarwani. (humasdprdkalsel)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner