Gapoktan Kelurahan Sungai Lulut Banjarmasin Berhasil Lakukan Ubinan Padi Varietas Unggul Mekongga | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 23 Februari 2024

Gapoktan Kelurahan Sungai Lulut Banjarmasin Berhasil Lakukan Ubinan Padi Varietas Unggul Mekongga

BERITABANJARMASIN.COM - Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Karya Bersama di Kelurahan Sungai Lulut, Kecamatan Banjarmasin Timur, berhasil melakukan Ubinan padi varietas unggul Mekongga.

Ubinan merupakan cara untuk melihat perkiraan hasil panen tanaman padi melalui pengambilan titik sampel dengan cara diukur dengan ukuran 2,5 x 2,5 m² yang kemudian hasilnya diukur dan ditimbang. Hasil inilah yang dapat dijadikan dasar dalam penentuan produksi dalam satu hektare.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota Banjarmasin, Yuliansyah mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian dari Demontration Plot atau  percontohan percepatan tanam yang telah dimulai sejak tanggal 23 November 2023 seluas dua hektare.

"Alhamdulillah kemarin kita berhasil melakukan metode tersebut ke petani Sungai Lulut," ujarnya, Jumat (23/2/2024).

Ia menyebutkan hasil dari ubinan panen tersebut mencapai 2,8 kilogram per ubinan, yang setara dengan produktivitas mencapai 4,48 ton per hektare.

Kemudian dari hasil itu lanjutnya sebagai usaha intesifikasi tanam yang diterapkan oleh Gapoktan Karya Bersama dan patut diapresiasi karena di luar kebiasaan tanam padi masyarakat setempat.

"Insya Allah kita akan rekomendasikan ke petani - petani lainnya untuk melakukan metode serupa," kata ia.

Kegiatan tersebut juga menurutnya menjadi ajang edukasi bagi petani lain di Banjarmasin Timur dan kecamatan lainnya untuk menerapkan teknik tanam varietas unggul dan pola tanam dalam usaha tani mereka, sehingga diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pertanian secara keseluruhan di wilayah ini atau IP 2.

Ia menambahkan bahwa kedepannya pihaknya akan mengusulkan untuk tanam benih siam madu dimana berasnya pera seperti yang diminati warga kota.

"Mudah - mudahan para petani bisa melakukan tanam padi unggul, yang bisa menanam setahun dua kali," harapnya. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner