Dekranasda Banjarmasin Lelang Baju Sasirangan, Bantu Penderita dan Penyintas Kanker | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Minggu, 25 Februari 2024

Dekranasda Banjarmasin Lelang Baju Sasirangan, Bantu Penderita dan Penyintas Kanker

BERITABANJARMASIN.COM - Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Koordinator Kalsel mulai hari Jumat hingga Minggu (25/2/2024) menggelar berbagai kegiatan di Kota Banjarmasin.

Acara yang dihadiri perwakilan YKI seluruh Indonesia ini, dilaksanakan dalam rangka Peringatan Hari Kanker Sedunia (World Cancer Day) 2024.

Menariknya, saat kegiatan ramah tamah di Balai Kota Banjarmasin, dirangkai dengan lelang pakaian motif Sasirangan hasil rangcangan para perajin binaan Dekranasda Kota Banjarmasin.

Harga pakaian yang dijual dalam system lelang yang dihadiri Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina itu pun cukup fantastis, mulai dari harga Rp2,5 juta hingga Rp22 juta.

 “Kegiatan Dekrashow  I ini dimaksudkan untuk menyambut tamu-tamu dalam Peringatan Word Cancer Day 2024 di Kota Banjarmasin,” ujar H Ibnu Sina.

Orang nomor satu di kota berjuluk sribu sungai ini pun tak menampik bila dikatakan kegiatan yang terselenggara tersebut merupakan event dalam rangka Peringatan Hari Kanker Sedunia (World Cancer Day) 2024, yang terbesar di Indonesia di tahun ini. 

“Kegiatan ini adalah kegiatan YKI yang paling besar se-Indonesia. Sekitar 2.000 orang lebih akan mengikuti jalan sehat,” ucapnya.

Iya berharap dengan dilaksanakannya kegiata berskala nasionaldi kota ini, dapat meningkatkan derajat kehidupan UMKM, khususnya para perajin kain Sasirangan Kota Banjarmasin.

 “Mudah- mudahan Bapak Ibu betah di Banjarmasin. Habiskan semua uang nya di sini, mudah-mudahan kehidupan UMKM kita dapat berkembang. Semoga kegiatan Dekrashow I ini bermanfaat untuk kita semua,” pungkasnya.

Ketua Umum YKI Pusat, Prof Aru Wicaksono, saat menyampaikan sambutannya menerangkan, peringatan Hari Kanker Sedunia (World Cancer Day) dahulu selalu dilaksanakan di Kota Jakarta. Kemudian, lanjutnya,  melalui kesepakatan bersama pelaksanaan peringatan World Cancer Day dipindahakan ke kota kota di Indonesia. 

“Jadi satu tahun, satu Kota, yang sudah menyelenggarakan Kota Makassar, Kota Padang, Kota Medan. Dan saya agak khawatir kota yang ditunjuk tahun depan ini nggak berani setelah melihat gimana penyelenggaraan tahun ini di Kota Banjarmasin. Tapi kami janji akan menenangkan mereka untuk tetap spirit,” ucapnya.

Dihadapan Sekda Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman, para kepala SKPD lingkup Pemkot Banjarmasin dan Danlanud Syamsudin Noor, Prof  Aru Wicaksono kembali menjelaskan. Katanya, salah satu tugas YKI adalah memberikan rekomendasi kepada pemerintah agar dapat memberikan pelayanan paripurna kepada masyarakat, khususnya kepada para penderita kanker. “YKI mempunyai visi dan misi bahwa Kanker itu bisa disembuhkan dan inilah tugas kita. Kita tegur pemerintah sedikit agar bersama-sama menjalankan, mengayomi dan membantu rakyat,” jelasnya.

Ia berharap, dengan adanya peringatan  World Cancer Day ini, nantinya bisa YKI bersama pemerintah bisa membantu, mengedukasi serta memberikan dukungan kepada masyarakat, khususnya para penderita kanker, agar tetap bersemangat untuk selalu hidup sehat.

Sementara itu, Ketua Yayasan Kanker Indonesia Kota Banjarmasin, DR Siti Wasilah, dalam sambtannya juga menjelaskan,  kegiatan peringatan Hari Kanker Sedunia Tahun 2024 ini memang sengaja disandingkan dengan event Dekrashow I, yang tujuannya untuk menampilkan karya-karya desainer muda Kota Banjarmasin.
Mudah-mudahan, harapnya, dengan adanya kegiatan ini akan semakin menjadikan kain sasirangan dikenal tak hanya di tingkat nasional tetapi juga hingga tingkat internasional. 

“Peringatan Hari Kanker Sedunia 2024 ini kami sandingkan dengan Dekrashow pertama kami di tahun 2024,  kami bahwa setiap tahunnya melaksanakan empat kali Dekrashow. Dalam kesempatan ini kami berikan untuk para desainer muda menampilkan karyanya.  Ini adalah upaya untuk membawa semakin membawa kain sasirangan bisa sejajar dengan wastra nusantara dunia,” katanya. (prokom-bjm-tim)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner