Penuhi Kebutuhan Beras, DKP3 Banjarmasin Targetkan Panen 11 Ribu Ton di 2024 | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 12 Januari 2024

Penuhi Kebutuhan Beras, DKP3 Banjarmasin Targetkan Panen 11 Ribu Ton di 2024

BERITABANJARMASIN.COM - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Banjarmasin tergetkan panen beras lebih 11 ribu ton di 2024.

Kepala DKP3 Banjarmasin, Yuliansyah Effendy mengatakan bahwa pihaknya akan mendapatkan bantuan pengembangan lahan pertanian 20 hektare dari Kementerian Pertanian RI.

Bantuan itu untuk meningkatkan produksi panen di Kota Seribu Sungai dalam memenuhi kebutuhan beras bagi warga. "Bantuan itu akan dikelola oleh petani-petani kita," ucapnya, Jumat (12/1/2024).

20 hektare lahan pertanian itu sendiri ujarnya berada di wilayah Kecamatan Banjarmasin Timur dan Kecamatan Banjarmasin Selatan yang memang titik terbanyak lahan pertanian Kota Banjarmasin.

Lebih jauh, ia mengungkapkan tahun 2023 lalu Kota Banjarmasin berhasil memanen beras lokal sekitar 11 ribu ton dalam satu kali panen.

Namun produksi beras itu berdasarkan dari hasil panen yang dilakukan pada lahan sekitar 1.900 hektare lebih yang mana saat ini luas lahan pertanian du Banjarmasin sekitar 2.500 hektare.
"Tidak semua yang melakukan tanam karena adanya pekerjaan sampingan," imbuhnya.

Ia memprediksi dengan tambahan 20 hektarr lahan pertanian itu lanjutnya, maka potensi produksi beras lokal bisa melebihi 11 ribu ton.."Tinggal kalikan saja berapa hasilnya lebih dan kita optimis. Asalkan tidak gagal panen," katanya.

Rencananya lahan 20 hektare itu juga akan dicoba menerapkan penanaman benih dengan dua kali panen yang tahun lalu berhasil diuji cobakan.
"Akan kita coba nanti karena ini terobosan baru kita," pungkasnya. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner