Pelajari Tupoksi Dewan, DPM FISIP ULM Sambangi DPRD Kalsel | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 08 November 2023

Pelajari Tupoksi Dewan, DPM FISIP ULM Sambangi DPRD Kalsel

BERITABANJARMASIN.COM -.Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) FISIP ULM mengunjungi DPRD Kalsel untuk belajar tugas dan fungsi legislatif di pemerintahan.

Kunjungan pada kegiatan itu digelar di ruang rapat paripurna DPRD Kalsel yang diikuti kurang lebih 80 peserta, Selasa (7/11/2023).

Perwalilan DPM FISIP ULM, M Hafid Nur Mubarak mengatakan kunjungan yang dilakukan ini baru pertama kali yang mana tujuannya untuk memberikan pemahaman dan edukasi kepada mahasiswa terkait lembaga legislatif.

"Jadi kami melihat secara langsung prosesi persidangan dan pembentukan perda serta bagaimana dewan merefresentasikan suara rakyat," ujarnya.

Sementara itu, Sekwan DPRD Kalsel M Jaini mengatakan dalam pertemuan tersebut mahasiswa banyak belajar terkait tupoksi kedewanan sampai pada pembuatan produk hukum (perda). "Karena salah satu fungsi DPRD dalam membentuk peraturan daerah (perda)," katanya.

Pihaknya kata Jaini juga memberikan simulasi agar para mahasiswa bisa memahami dan mengerti proses sesuai ketentuan UU, DPRD bersama eksekutif membentuk perda. 

"Bagaimana raperda itu diusulkan kedalam Propemperda hingga melalui pandangan fraksi dan berproses kemudian dilakukan persetujuan bersama menjadi perda," paparnya. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner