Pemprov Kalsel Kucurkan Dana Hibah Rp131 M ke KPU untuk Pilkada 2024 | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Selasa, 11 Juli 2023

Pemprov Kalsel Kucurkan Dana Hibah Rp131 M ke KPU untuk Pilkada 2024

BERITABANJARMASIN.COM - Pemprov Kalsel akan mengucurkan dana hibah sebesar Rp131 miliar kepada KPU Kalsel untuk pelaksanaan Pilkada 2024. 

Hal ini diketahui dalam rapat persiapan Pemilukada di Komisi I DPRD Kalsel dengan KPU Kalsel, Senin (10/7/2023). "Pemprov telah menyetujui untuk pelaksanaan Pilkada sebesar Rp131 miliar," ujar Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi dan SDM KPU Kalsel M Fahmi Failasopa.

Sedangkan kata Fahmi untuk pemilu legislatif nanti menggunakan dana dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBN). "Untuk pemilu legislatif Kalsel itu mendapatkan Rp30 miliar," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kalsel M Syaripuddin mengatakan untuk anggaran sudah disampaikan KPU baik untuk pemilu legislatif maupun pilkada. 

Namun kata Bang Dhin yang menjadi urgent adalah terkait sarana dan prasarana KPU yang mana berdasarakan UU Pemilu, domisili kantor KPU berkedudukan di ibu kota provinsi yaitu Banjarbaru.

"Ini yang harus disiapkan kedepan, kami akan bicarakan ke pihak provinsi," ucapnya.

Selanjutnya, terkait asuransi penyelenggara tingkat KPPS yang juga perlu disiapkan agar ada perlindungan diri bagi mereka dalam menjalankan tugas di tahun 2024. 

Sedangkan untuk yang lainnya kata Bang Dhin,
proses yang dilakukan KPU sudah berjalan lancar sesuai mekanisme dan peraturan perundang-undangan. "Tinggal dukungan kita semua bagaimana partisipasi pemilih bisa lebih baik dan tinggi dari sebelumnya," ucapnya. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner