Ketua DPRD Kalsel Turun ke Masyarakat Temani Nelayan Menangkap Ikan | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 26 Juni 2023

Ketua DPRD Kalsel Turun ke Masyarakat Temani Nelayan Menangkap Ikan

BERITABANJARMASIN.COM - Hulu Sungai Utara – Momen Kembali ke Daerah Pemilihan (Dapil) untuk melaksanakan penyerapan aspirasi atau yang biasa disebut dengan RESES, dimanfaatkan dengan baik oleh DR. (HC). H. Supian HK, S.H., M.H., Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) untuk turun langsung ke masyarakat.

Seperti yang terlihat pada Reses Hari ke 3 tanggal 13 juni 2023 lalu di Desa Pal Batu Kabupaten Hulu Sungai Utara, H. Supian HK selain menggelar rapat resmi dengan aparatur desa setempat, politisi senior partai Golkar tersebut menyambangi para nelayan untuk ikut turun menangkap ikan dengan teknik “Selambau” berbaur dengan masyarakat.

Selambau adalah alat tangkap ikan tradisional, yang cara kerjanya mamasang jaring ditengah sungai saat air pasang dan pada saat air surut maka ikan akan ikut turun, maka saat itulah kumpulan ikan yang lewat terjebak dalam jaring yang panjang ditengah sungai. 

Meurut Supian HK, teknik menangkap ikan seperti ini lebih ramah terhadap ekosistem air sungai, hanya ikan besar yang masuk ke dalam jaring yang dapat diangkat, sehingga habitatasi ikan masih terjaga.

Lebih lanjut, Supian HK juga menghimbau para nelayan agar lebih bijaksana dalam menangkap ikan, hindari penangkapan ikan dengan cara di setrum dan potas, agar ekosistem air sungai dapat terjaga dengan baik, sehingga anak cucu kita dapat terus merasakan kekayaan alam yang terdapat di sungai kita, di Hulu Sungai Utara ini, ungkap Supian HK.

Dalam rapat dengan aparatur Desa Pal Batu dikesempatan berbeda Supian HK menyampaikan, para masyarakat masih mengelukan masih banyaknya tanaman Susupan Gunung yang menutupi daerah perairan disana, dirinya berjanji bersama pemerintah daerah akan terus mengupayakan, pengendalian pertumbuhan tanaman tersebut, tutupnya. (adv)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner