Pancaroba, DPRD Banjarmasin Imbau Masyarakat Waspada DBD dan Diare | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Selasa, 16 Mei 2023

Pancaroba, DPRD Banjarmasin Imbau Masyarakat Waspada DBD dan Diare

BERITABANJARMASIN.COM - Wilayah Kalsel sedang berada di musim peralihan (pancaroba) dari musim hujan ke musim kemarau tak terkecuali Kota Banjarmasin.

Wakil Ketua DPRD Banjarmasin, Matnor Ali mengingatkan agar masyarakat mewaspadai penyakit seperti DBD dan Diare. "Penyakit musim pancaroba ini perlu terus diwaspadai, karena membuat orang rentan terhadap penyakit," terangnya (15/5/2023).

Di musim pancaroba ini biasanya ditandai dengan curah hujan yang tinggi yang mana menimbulkan banyak genangan air dan menjadi tempat ideal bagi nyamuk Aedes aegypti (DBD) untuk berkembang biak. "Masyarakat harus rajin membersihkan tempat air mengantisipasi jentik-jentik nyamuk penyebab DBD," ujarnya.

Selain itu, cuaca dan suhu yang berubah-ubah di musim pancaroba juga membuat virus dan bakteri lebih mudah hidup akibatnya kondisi daya tahan tubuh melemah dan rentan terkena penyakit seperti diare. "Kami minta masyarakat untuk menjaga pola makan yang sehat dan kebersihan lingkungan," ucapnya. 

Dirinya juga mengharapkan pemerintah mengantisipasi sejak dini penyakit di musim pancaroba seperti diare yang saat ini marak terjadi di Kota Banjarmasin. Imbasnya, tidak hanya anak-anak namun juga orang dewasa yang ikut terkena penyakit tersebut. 

"Pemkot harus melakukan tindakan atau jemput bola untuk melakukan pencegahan dan antisipasi dini," jelasnya. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner