FEATURE: Wadai Ipau 'Lasagnanya' Urang Banjar, Banyak Muncul di Ramadhan | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 06 April 2023

FEATURE: Wadai Ipau 'Lasagnanya' Urang Banjar, Banyak Muncul di Ramadhan

Wadai Ipau sering disebut Lasagnanya Urang Banjar karena tampilannya yang mirip dengan Lasagna makanan khas Italia. 

Biasanya Ipau ini juga dikenal wadai khas Ramadhan karena hanya di bulan puasa lah para pedagang Ipau mulai bermunculan khususnya membuka warung di pinggiran jalan di Kota Banjarmasin.

Maya Andriani, Banjarmasin | BeritaBanjarmasin.com

Seperti pada Ramadhan 1444 H/2023 M, penjualan makanan satu ini tengah digandrungi warga Banjarmasin. Rasanya yang manis dan gurih menjadi perpaduan yang nikmat sebagai menu hidangan berbuka puasa.
Warung Ipau Arab milik Umi Dhifa salah satunya yang menjual makanan khas Banjar ini yang berlokasi di Pinggir Jalan Sulawesi Kelurahan Pasar Lama, Banjarmasin.

"Kami jual berbagai wadai ipau baik Ipau lapis maupun lipat. Alhamdulillah penjualan di Bulan Ramadhan ini ramai pembeli," ujarnya.

Sebagai penjual wadai Ipau, ia berharap pembeli di warungnya akan tetap ramai hingga akhir ramadhan nanti. 

Meskipun begitu ia tak menampik banyak pedagang lain yang menjual wadai serupa. Namun dia konsisten mempertahankan kualitas rasa agar tetap disukai pembelinya. 

Selama ramadhan ini dirinya juga membuka gerai dagangannya lebih dini ketimbang pedagang lain dan sudah tutup pukul 18.00 wita.

Ia mengatakan, warung wadai ipau ini khusus dibuka saat bulan ramadhan saja. Sedangkan dihari biasa, dirinya memilih usaha catering secara online dan sudah berjalan 10 tahun lamanya. 

Ditempatnya, untuk harga ipau ukuran jumbo dibandrol satu potongnya/ karat seharga Rp15 ribu sedangkan untuk ipau lipat 1 boxnya berisi 5 buah dengan harga Rp25 ribu.

Selama ramadhan Umi Dhifa juga menjual menu pelengkap lainnya seperti masakan timur tengah roti maryam, kambing dan daging kareh serta masakan dan takjil khas banjar.

Adapun secara umum gambaran wadai ipau itu terdiri dari beberapa lapisan tipis tepung. Dimana disetiap lapisannya diisi dengan campuran sayuran seperti wortel, bawang bombay, kentang dan daging atau dilengkapi toping sesuai selera. 

Untuk menambahkan citra gurih dan manis pada ipau ditambahkan santan kental dan taburan seledri serta tambahan bawang goreng diatasnya. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner