Sektor Pertanian Jadi Fokus di 2024, Disdik Kalsel Diminta Siapkan SDM Unggul | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 17 Maret 2023

Sektor Pertanian Jadi Fokus di 2024, Disdik Kalsel Diminta Siapkan SDM Unggul

BERITABANJARMASIN.COM - Komisi IV DPRD Kalsel menggelar rapat dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kalsel membahas rencana kerja (Renja) 2024, Kamis (16/3/2023).

Sekretaris Komisi IV, Firman Yusi mengatakan dalam pembahasan ini memfokuskan program-program Disdik kedepan. Pada Renja tahun 2024 dalam konsultasi publik dijelaskan, pemprov berencana menggeser ketergantungan ekonomi dari sektor pertambangan ke sektor pertanian.

"Kami berharap tidak hanya jadi tanggung jawab Dinas Pertanian tetapi juga Disdik 
untuk mempersiapkan SDM. Kaitannya dengan SMK pertanian," paparnya.

Firman mengatakan usia sekolah untuk menempuh pendidikan bidang pertanian ini masih sedikit dan menjadi problem Nasional. Dimana dikatakan bahwa petani usia muda itu jumlahnya sangat rendah bahkan ada penelitian Bappenas yang menyatakan tahun 2029 petani Indonesia ini akan punah melihat rentang usia petani sekarang.

"Ini jadi tanggung jawab Disdik bagaimana membuat sektor pertanian menjadi menarik melalui update dari SMK pertanian, agar lebih diminati," terangnya.

Selain itu, pihaknya juga meminta Disdik memfokuskan program pendidikannya untuk memenuhi SDM sesuai kebutuhan Ibu Kota Negara (IKN) dalam menyerap tenaga lokal yang siap kerja.

Sementara itu, Kepala Disdikbud Kalsel, Muhammadun mengatakan sesuai penyampaian gubernur sektor ekonomi pertanian dan pariwisata perlu dikuatkan.

Untuk mendukung itu kata Madun, maka diperlukan sekolah-sekolah pertanian yaitu SMK di bidang pertanian tetapi yang lebih modern sehingga pertanian tidak ditinggal oleh milenial.

"Tetapi disukai dengan didukung peralatan digital sesuai era sekarang termasuk pariwisata juga," terangnya. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner