Promosikan dan Lestarikan Produk Khas Budaya Kota Banjarmasin Lewat Putra Putri Sasirangan | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 13 Maret 2023

Promosikan dan Lestarikan Produk Khas Budaya Kota Banjarmasin Lewat Putra Putri Sasirangan

BERITABANJARMASIN.COM - Dalam Rangkaian Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) ke 7 tahun 2023, Pemerintah Kota Banjarmasin melaksanakan kegiatan Grand Final Pemilihan Putra Putri Sasirangan, berlangsung di Panggung Utama, Kawasan Siring Menara Pandang Banjarmasin, Sabtu, 11/03/23 malam.

Kegiatan tersebut dibuka Wakil Wali Kota Banjarmasin, H Arifin Noor, turut hadir Sekdako Banjarmasin, Ikhsan Budiman, Wakil Ketua Dekranasda, Hj Hardiyanti, Ketua DWP Kota Banjarmasin, Rusdiati, para juri serta jajaran terkait.

H Arifin Noor menyampaikan, kegiatan Grand Final Pemilihan Putra Putri Sasirangan yang bertemakan "bersama merangkai budaya, ciptakan inovasi, kreasi dan cinta tradisi" itu diharapkan dapat memberikan sesuatu yang baru bagi masyarakat Kota Banjarmasin. Oleh karena itu para peserta diharuskan dapat menampilu berbagai keahlian, keterampilan dan potensi dalam dirinya. 

"Ajang ini tidak hanya berorientasi pada penampilan secara fisik semata, namun juga berorientasi penilaian terhadap kepribadian dan kecerdasan dari putra dan putri sasirangan," ucapnya.
Ia menjelaskan, event tersebut turut berkontribusi memberikan manfaat bagi pemerintah dan masyarakat Kota Banjarmasin, "Maka saya berharap agar kesempatan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya sebagai wahana untuk melestarikan dan mempromosikan adat budaya daerah kita, terutama kain sasirangan," jelasnya.

"Jadi saya minta berdayakan dan manfaatkan, serta libatkan mereka mendukung program pemerintah, termasuk dalam mempromosikan produk khas dan budaya dari Kota Banjarmasin," tutupnya.

Sementara itu, Kepala Disbudporapar, Iwan Fitriadi mengatakan maksud dan tujuan diselenggarakannya pemilihan Putra Putri Sasirangan tahun 2023 tersebut menjadikan anak muda sebagai ambassador yang mencerminkan sikap mencintai dan bangga melestarikan
kain sasirangan.

"Serta menjadi penghubung antara masyarakat dan pengrajin sasirangan supaya bisa menciptakan inovasi terbaru untuk memajukan kain sasirangan," ujarnya.

Iwan Fitriadi menjelaskan, peserta yang terdaftar ada 93 peserta terdiri dari Putra 43 dan Putri 50, "Dan yang terpilih 10 pasang, putra putri masuk ke grand final yaitu 20 orang," pungkasnya.

Dari data yang terhimpun, Juara Pertama Putra Sasirangan tahun 2023,  Lutfi Riqqo Perdana serta Juara Pertama Putri Sasirangan, Septian Nanda Alin Noya dan Juara Wakil 1 Putra Putri Sasirangan tahun 2023, Excelito Paletté dan Asmaul Husna. (ADV)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner