Audisi Umum Pemilihan Putra Putri Pariwisata Kalsel 2023 Telah Digelar | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Minggu, 05 Maret 2023

Audisi Umum Pemilihan Putra Putri Pariwisata Kalsel 2023 Telah Digelar

Foto bersama pada audisi umum pemilihan Putra Putri Pariwisata Kalsel.


BERITABANJARMASIN.COM - Sebanyak 15 peserta dari sejumlah kabupaten/kota di Kalimantan Selatan (Kalsel) mengikuti audisi umum pemilihan Putra Putri Pariwisata Kalsel 2023.

Dengan berbagai latar belakang dan motivasi, para peserta diminta menampilkan bakat dan visi misinya dalam memajukan Pariwisata di Kalsel. Pengetahuan mereka tentang destinasi wisata di Kalsel juga turut di uji oleh para dewan juri.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kalsel, Muhammad Syarifuddin yang diwakili Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata, Husnah mengatakan, audisi umum ini untuk memenuhi target kuota peserta yakni sebanyak 20 pasang peserta.

“Tahun ini kami kembali mencari 20 pasang peserta atau 40 orang, sementara perwakilan yang dikirimkan dari kabupaten/kota masih kurang yakni sebanyak 33 orang. Jadi masih ada kekurangan 7 orang yakni 5 orang untuk putra dan 2 orang untuk putri yang kita cari melalui audisi umum ini,” kata Husnah, Banjarmasin, Minggu (5/3/2023).

Husnah mengungkapkan, pada pelaksanaan audisi umum kali ini ada tiga orang yang terlambat dari jadwal yang ditetapkan, namun hal tersebut masih bisa diberikan toleransi jika memiliki alasan yang jelas.

“Dari dua orang yang terlambat dua diantaranya telah memberikan konfirmasi alasan keterlambatan mereka, sehingga masih bisa kita berikan toleransi untuk mengikuti audisi umum ini. Sedang untuk satu orang peserta lainnya masih tidak ada kabar, dan tidak bisa dihubungi sehingga kami diskualifikasi,” ujar Husnah.

Terkait dengan teknis penilaian Husnah menambahkan, yang menjadi poin penting dalam penilaian peserta ini antara lain pengetahuan dan wawasan mereka terhadap pariwisata yang ada di Banua.

“Dalam pemilihan Putra Putri Pariwisata ini selain dari bakat dan keterampilan, kita juga menilai pengetahuan mereka terhadap pariwisata di Kalsel, karena ini menjadi poin penting. Melalui hal tersebut kita bisa melihat strategi dan teknik apa yang akan mereka gunakan dalam mempromosikan kepariwisataan,” katanya.

Selain itu, kemampuan berbahasa Inggris juga menjadi poin penting bagi peserta Putra Putri Pariwisata Kalsel, mengingat saat terpilih nanti mereka tidak hanya berinteraksi dengan wisatawan domestik tetapi juga dengan wisatawan mancanegara.

Lebih jauh Husnah menjelaskan, hasil dari seleksi audisi umum ini nantinya akan diumumkan melalui website resmi Dispar Kalsel, Instagram Dispar Kalsel, dan Instagram Official Putra Putri Pariwisata Kalsel.

Bagi peserta yang lulus, lanjutnya, akan mengikuti tahapan selanjutnya yakni teknikal meeting pada tanggal 11 Maret mendatang di salah satu hotel berbintang di Banjarmasin.

“Untuk hasil seleksi rencananya akan kita umumkan paling lambat nanti sore di website dan Instagram Dinas Pariwisata Kalsel, dan official Putra Putri Pariwisata Kalsel. Bagi mereka yang lulus akan mengikuti teknikal meeting pada 11 Maret dan pada 12-13 Maret akan melaksanakan karantina terbuka, serta karantina tertutup pada 16-17 mendatang,” tuturnya.

Husnah menuturkan, pada pelaksanaan audisi umum kali ini turut memberdayakan Anjungan atau finalis Putra Putri Pariwisata Kalsel 2022 kemarin sebagai panitia pelaksana.

“Tahun ini ada yang berbeda, kita turut memberdayakan Anjungan Putra Putri Pariwisata Kalsel tahun sebelumnya sebagai panitia, sekaligus memberikan contoh bagi para peserta audisi umum tahun ini, mengingat mereka ini nantinya akan menjadi brand ambassador atau wajah dari pariwisata Banua,” pungkasnya. MC Kalsel/Jml

(Media Center Pemprov Kalsel)
Foto: Media Center Pemprov Kalsel

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner