Topang Kawasan Industri Mantuil, SMK dan Poltek Diusulkan Dibangun di Bansel | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Sabtu, 11 Februari 2023

Topang Kawasan Industri Mantuil, SMK dan Poltek Diusulkan Dibangun di Bansel

BERITABANJARMASIN.COM - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri di Kecamatan Banjarmasin Selatan diminta ditambah. Ini disampaikan langsung Camat Banjarmasin Selatan, Firdaus.

"Satunya-satunya kecamatan yang belum terbentuk SMK Negeri. Ini yang menurut kami mendesak apalagi menyongsong kawasan industri," paparnya. 

Kawasan industri yang dimaksud adakah industri terpadu di daerah Mantuil yang tentunya perlu menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) sesuai keterampilannya.

Apalagi kata dia kelas IX SMP negeri dan swasta di Kecamatan Banjarmasin Selatan mencapai 1.300 orang yang akan lulus. Angka ini lanjutnya belum termasuk lulusan pondok pesantren (tsanawiyah) yang jika digabung bisa mencapai 2.000 orang. Sedangkan daya tampung SMA Negeri juga sedikit yakni hanya tiga sekolah.

"Belum lagi untuk SMA ini, karena kawasan perbatasan jadi berbagi, kita 50 persen Kabupaten Banjar 50 persen masuknya," ucapnya.

Selain SMK negeri vokasi, pihaknya juga mengusulkan dibangunnya Poltek di sekitar Kecamatan Banjarmasin Selatan sesuai dengan industri yang dikembangkan di kawasan Mantuil nantinya. 

"Kita usulkan dibangunnya di lahan sekitar Basirih Selatan. Jadi tidak terlalu jauh dari zonasi," katanya.

Hal ini menurutnya akan dibawa dalam Musrenbang tingkat kota bersama usulan dari tingkat kelurahan dengan total ada 40 usulan pembangunan.

Sebelumnya disampaikan Wakil Ketua Komisi III DPRD Banjarmasin, Afrizaldi dalam Musrenbang tingkat kecamatan hampir 85 persen usulan menyangkut infrastruktur dan sisanya terkait normalisasi sungai. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner