Peringati Hari Kanker Sedunia, YKI Banjarmasin Galakkan Deteksi Dini Kanker untuk Masyarakat | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Sabtu, 04 Februari 2023

Peringati Hari Kanker Sedunia, YKI Banjarmasin Galakkan Deteksi Dini Kanker untuk Masyarakat

BERITABANJARMASIN.COM - Peringati World Cancer Day (WCD) Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kota Banjarmasin terus galakkan deteksi dini penyakit kanker di masyarakat.

Ketua YKI Kota Banjarmasin, DR Hj Siti Wasilah mengatakan pihaknya mengupayakan bantuan bagi masyarakat penderita kanker di Banjarmasin terutama yang kurang mampu.

"Angka kasus di Banjarmasin masih berada di tren nasional, berkaitan kanker leher rahim dan payudara," jelasnya saat menggelar seminar ilmiah penanganan kanker, di RS Ciputra, Sabtu (4/2/2023).

Apalagi kesadaran masyarakat akan bahaya kanker, ujar Wasilah masih rendah. Sehingga kebanyakan pasien yang terkena penyakit mematikan tersebut sudah terlanjur parah baru mendapatkan penanganan.

Untuk itu, YKI terjun langsung sambangi warga baik memberikan bantuan terhadap para penderita ataupun penyintas kanker. Serta tidak ada hentinya memberikan pemahaman dan edukasi terkait penanganan kanker tersebut. "Kami terus berupaya hadir ke masyarakat agar bisa membantu dengan tepat," imbuhnya.

Mengingat sejauh ini sering terjadi pasien memiliki asuransi kesehatan namun tidak mampu membayarnya.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina sangat medukung dengan upaya yang dilakukan YKI tersebut. Yang dinilai sangat membantu pemerintah kota dalam penanganan kanker yang selama ini menjadi problem kesehatan.

Hal itu juga dibuktikan adanya bantuan berupa hibah dari pemkot berupa mobil keliling untuk proses deteksi dini kanker. "Ini diharapkan bisa benar - benar membantu warga kita," harapnya. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner