Dinsos Gelar Rakor Penanganan Pemulangan Orang Terlantar di Kalsel | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 17 Februari 2023

Dinsos Gelar Rakor Penanganan Pemulangan Orang Terlantar di Kalsel

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Kalsel, Selamat Riadi (kiri) dan Kepala Seksi Rehabilitasi Tuna Sosial dan Korban Perdagangan Orang Dinsos Kalsel, Agus Mulyana (kanan). MC Kalsel/Rns


BERITABANJARMASIN.COM - Dalam rangka menyamakan presepsi untuk penanganan pemulangan orang terlantar di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Dinas Sosial Provinsi Kalsel menggelar Rapat Koordinasi Penanganan Orang Terlantar, pada 16-17 Februari 2022.

Plt Kepala Dinsos Provinsi Kalsel, Muhammadun diwakili Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Selamat Riadi menjelaskan, orang terlantar adalah perseorangan, keluarga, kelompok masyarakat yang oleh karena suatu sebab tertentu mengalami kesulitan yang bersifat sosial, ekonomi atau psikologis serta tidak memiliki kemampuan untuk mengatasi kesulitannya.

“Orang terlantar yang kehabisan bekal diperjalanan adalah orang yang karena satu dan lain hal menyebabkan dirinya mengalami hambatan atau kesulitan untuk melanjutkan perjalanan sampai ke alamat tujuan. Bantuan diberikan kepada orang terlantar hanya satu kali untuk setiap orangnya,” kata Selamat, Banjarmasin, Kamis (16/2/2023).

Ditambahkan Selamat, upaya yang dilakukan selama ini oleh Dinsos Kalsel dirasakan belum optimal, hal ini disebabkan adanya keterbatasan kemampuan anggaran untuk mengatasi permasalahan tersebut.

“Penanganan permasalahan sosial ini tidak dapat diletakan pada tanggung jawab Dinsos Provinsi Kalsel semata, idealnya program ini dirancang secara terpadu antara instansi terkait,” ucap Selamat.

Dirinya pun mengharapkan dengan kondisi dan situasi yang demikian, mendorong Pemprov Kalsel untuk lebih serius dalam program-program penanganan orang terlantar di Kalsel pada 2023 dengan terobosan-terobosan baru, karena harus berpacu dengan pesatnya peningkatan orang terlantar.

Sementara itu Kepala Seksi Rehabilitasi Tuna Sosial dan Korban Perdagangan Orang Dinsos Kalsel, Agus Mulyana menyebutkan, sebanyak 44 peserta dari 13 kabupaten/kota menghadiri kegiatan tersebut.

“Adapun peserta yang berhadir dari berbagai SKPD lingkup Pemprov Kalsel meliputi Disnakertrans, RSJ Sambang Lihum, Disdukcapil, DP3A serta dari Baznas. Kita harapkan hasil dari kegiatan ini mendapatkan kesepakatan bersama untuk penanganan orang terlantar di Kalsel,” kata Agus. MC Kalsel/Rns

(Media Center Pemprov Kalsel)
Foto: Media Center Pemprov Kalsel

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner