Kembangkan TPS-3R, DLH Banjarmasin Prediksi TPA Basirih Bertahan 5 Tahun Lagi | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 19 Desember 2022

Kembangkan TPS-3R, DLH Banjarmasin Prediksi TPA Basirih Bertahan 5 Tahun Lagi

BERITABANJARMASIN.COM - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin, Alive Yoesfah Love mengatakan Tempat Pemprosesan Akhir (TPA) Basirih mampu bertahan hingga 5 tahun lagi.

Menurutnya masa berakhir TPA Basirih sudah habis sejak tahun 2020 lalu, namun pihaknya melakukan inovasi untuk memperpanjang umur TPA tersebut dan diprediksi bertahan 5 tahun lagi.

"Kami lakukan pengurangan, pengolahan sampah hingga mengoptimalkan TPS-3R," ujarnya di DPRD Banjarmasin.

Pengertian TPS-3R adalah sistem pengolahan sampah dengan inovasi teknologi mesin pencacah sampah dan pengayak kompos yang lebih efektif dan efesien. Bahkan diketahui hasil pengolahan sampah organik berupa kompos dapat digunakan untuk pupuk tanaman hias dan herbal yang ditanam di lahan sekitar TPS untuk kemudian diperjualbelikan.

Adapun kata ia, jika masa TPA sudah berakhir maka pihaknya juga telah bersiap dan menjalin komunikasi dengan pihak Pemprov untuk mempergunakan TPA regional Banjarbakula yang dikelola dengan sistem sanitary landfill.

Alternatif lainnya terangnya, yakni menambah luasan lahan TPA Basirih untuk dapat menampung volume sampah di Kota Banjarmasin. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner