Dapat Tambahan Nilai, Program Smart City Banjarmasin Diapresiasi Pemerintah Pusat | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Selasa, 27 Desember 2022

Dapat Tambahan Nilai, Program Smart City Banjarmasin Diapresiasi Pemerintah Pusat

BERITABANJARMASIN.COM - Keberhasilan Pemerintah Kota Banjarmasin dalam menjalankan program smart city diapresiasi pemerintah pusat.

Bahkan Banjarmasin mendapat tambahan nilai, dari 2,82 tahun lalu kini meningkat menjadi 3,06 di 2022.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Banjarmasin, Windiasty Kartika, peningkatan penilaian smart city merupakan tanggung jawab bersama seluruh SKPD. "Tidak hanya Diskominfo saja, semua pihak ikut terlibat," ujarnya, Selasa (27/12/2022).

Keberhasilan peningkatan penilaian tersebut dititikberatkan pada inovasi dalam pengembangan smart city.

Smart city sendiri ujar Windi tidak hanya mencakup pada digitalisasi, namun pada seluruh program pelaksanaan yang dilakukan SKPD, terutama dalam merespon akan adanya keluhan masyarakat. "Agar bisa lebih dipahami sehingga ini bisa lebih kita tingkatkan lagi," ucapnya.

Windi menjelaskan bahwa ada enam dimensi  program smart city yang merupakan penjabaran dari visi misi Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina.

Sehingga sudah seharusnya menjadi prioritas dalam pengembangannya untuk kemajuan kota.

Enam dimensi tersebut seperti smart governance yang meliputi seluruh SKPD di Pemkot Banjarmasin, smart branding, dari brand Banjarmasin sungai sebagai garda terdepan atau thausand the rivers city.

Kemudian smart economy, berada pada Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin yang saat ini telah memiliki inovasi dan aplikasi tersendiri dalam transaksi pembayaran. Smart society, yang memberikan pemahaman dan kemudahan bagi masyarakat dalam kemajuan digitalisasi salah satunya pemasangan jaringan internet yang tersebar di 52 kelurahan.

Sedangkan untuk smart living ada pada Dishub Banjarmasin yang juga sudah membuat inovasi terhadap angkutan umum. Terakhir smart environment. "Dari enam inilah menjadi tugas kita untuk lebih meningkatkan," imbuhnya. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner