Hampir Karam, Disbudporapar Banjarmasin Upayakan Perbaikan Rumah Lanting Basirih | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 23 November 2022

Hampir Karam, Disbudporapar Banjarmasin Upayakan Perbaikan Rumah Lanting Basirih

BERITABANJARMASIN.COM - Rumah lanting di kawasan Pulau Bromo Banjarmasin Selatan kondisinya perlu perhatian. Penyangga drum plastik terapung di sisi kiri kanannya hilang, sehingga rumah tersebut terlihat hampir karam.

Kepala Bidang Pariwisata Disbudporapar Banjarmasin, Fitriah mengatakan rumah lanting tersebut sudah dihibahkan ke Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Bromo.

"Jadi perawatan dan pemeliharaan menjadi tanggung jawab pokdarwis Bromo," terangnya, Selasa (22/11/2022).

Kendati demikian, ujarnya lagi hal itu menjadi perhatian pihaknya untuk mendapatkan perbaikan.

Sebelumnya rumah lanting tersebut digunakan sebagai salah satu penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) dimana Banjarmasin berhasil meraih juara harapan 1 pada awal November 2022.

Sehingga rumah lanting berada di kawasan Kubah Habib Basirih itu, untuk menunjang pariwisata lebih menarik lagi. "Arus sungai di Basirih lumayan deras sehingga dapat menghanyutkan drum plastik," kata ia.

Pihaknya juga sudah melakukan berbagai upaya penanganan, salah satunya dengan memasang alat untuk menjaring enceng gondok. Agar tidak menumpuk di teras rumah lanting yang menjadi salah satu ikon pariwisata.

Ia menambahkan pihaknya telah melakukan kordinasi dengan pokdarwis Habib Basirih untuk melakukan penanganan pertama. "Alhamdulillah pokdarwis bersedia membantu," pungkasnya. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner