Pemkot Banjarmasin Lanjutkan Program Penghapusan 1.000 Jamban Apung | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 08 September 2022

Pemkot Banjarmasin Lanjutkan Program Penghapusan 1.000 Jamban Apung

BERITABANJARMASIN.COMPemerintah Kota Banjarmasin melanjutkan program penghapusan 1.000 jamban untuk menuju kota sehat.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Emil mengatakan sekitar 500 jamban telah dialihkan ke wc umum yang menggunakan septic tank komunal maupun individual sebagai wadah tinja agar tidak mencemari sungai.

"Ini menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp1,3 miliar dari pemerintah pusat," ucapnya, Rabu (7/9/2022).

Emil mengatakan dengan program tersebut bisa mengubah kebiasaan masyarakat yang mengunakan jamban apung untuk buang air besar. Serta menuju Open Defecation Free (ODF) atau kota yang stop buang air besar sembarangan pada beberapa wilayah yang tersebar di lima kecamatan.

Pihaknya juga telah melakukan kerjasama dengan Perumda PAL Banjarmasin untuk penyedotan limbah tersebut. Ia menambahkan pihaknya menargetkan kembali sebanyak 200 jamban yang akan disulap menjadi wc umum yang sehat. "Ini menyesuaikan dengan kondisi dan masyarakat yang menerima nanti," tuturnya.

Ia pun berharap program sanitasi itu, bisa membawa kota seribu sungai menuju kota sehat dalam pengelolaan sanitasi. (arum/maya)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner