Prodi PGSD ULM Dorong Penerapan Pembelajaran HOTS Guru SD Gugus 1 Kecamatan Mekarsari | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 15 Agustus 2022

Prodi PGSD ULM Dorong Penerapan Pembelajaran HOTS Guru SD Gugus 1 Kecamatan Mekarsari

BERITABANJARMASIN.COM - Tim dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin melakukan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), Kamis 
(28/7/2022).

Adapun tema yang diangkat yakni "Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran HOTS Berbasis Pendekatan Lingkungan Bagi Guru SD Gugus 1 Kecamatan Mekarsari Kabupaten Barito Kuala". Kegiatan diikuti sebanyak 11 SD dan 47 orang guru yang berhadir. 

Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Ketua KKG Gugus 1 Kecamatan Mekarsari Kabupaten Barito Kuala, Mohammad Zainul Arifin, S.Pd., kemudian dilanjutkan oleh Ibu Koordinator Wilayah, Siti Hajar, S.Pd., MA. 
"Peserta antusias untuk ikut dalam kegiatan ini, mengingat pentingnya HOTS dalam pembelajaran masa kini," kata Zainul Arifin.

Ketua Tim PKM FKIP ULM, Drs. Radiansyah, M.Pd. dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini membahas penyusunan perangkat pembelajaran HOTS berbasis pendekatan lingkungan. "Baik untuk kurikulum 2013 maupun kurikulum merdeka," urai dia.

Materi kegiatan disampaikan oleh empat orang pemateri. Materi pertama terkait HOTS dan bagaimana implementasinya dalam pembelajaran, yang disampaikan oleh Raihanah Sari, M.Pd.

Selanjutnya tentang penyusun perangkat pembelajaran HOTS berbasis pendekatan lingkungan, yang disampaikan oleh Drs. Radiansyah, M.Pd.

Kemudian Fathul Jannah, M.Pd melanjutkan materi perangkat pembelajaran berupa Media Pembelajaran HOTS berbasis lingkungan dan teknologi. 

Materi terakhir disampaikan Yayuk Hartini, M.Pd, yang menyampaikan penyusunan perangkat pembelajaran evaluasi berbasis HOTS. 

Dalam kegiatan ini tidak hanya memaparkan materi, tapi juga ada sesi tanya jawab dengan peserta, dan ada kegiatan lanjutan (pemberian tugas menyusun perangkat pembelajaran). 

Para peserta sangat terkesan dengan kegiatan ini, dan mereka mau mengikuti kegiatan selanjutnya. Sebelum acara ditutup, tim pengabdian juga memberikan sebuah cendramata berupa plakat yang diberikan kepada Ketua KKG Gugus I Kecamatan Mekarsari.

Setelah selesai kegiatan ini, para peserta pelatihan diharapkan mampu memahami dan menerapkan berbagai materi yang telah disampaikan pada sekolah tempat mereka mengajar masing-masing. (maya/adv)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner