Kisah Abah Guru Sekumpul Berguru Kepada Ulama Ulama Hulu Sungai, Mulai Dari Guru Abdurrahman Kopi, Guru Muhammad Aini, Hingga Guru Muhammad di Rantau | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Sabtu, 06 Agustus 2022

Kisah Abah Guru Sekumpul Berguru Kepada Ulama Ulama Hulu Sungai, Mulai Dari Guru Abdurrahman Kopi, Guru Muhammad Aini, Hingga Guru Muhammad di Rantau


Abah Guru Sekumpul tidak hanya mengaji kepada ulama besar Martapura. Beliau juga banyak menimba ilmu ke luar Martapura seperti daerah Hulu Sungai. Diantara daerah yang beliau jelajahi untuk belajar adalah Barabai, Rantau dan Kandangan.

Di Kampung Kopi (Barabai), Abah Guru Sekumpul belajar kepada Tuan Guru Abdurrahman Shiddiq di Kampung Kopi Barabai. Beliau adalah ulama kharismatik Barabai pada zamannya. Abah Guru Sekumpul di ajarkan berbagai macam ilmu. Abah Guru Sekumpul pun melihat di kamar beliau sangat banyak lafadz Allah. Maka diketahuilah bahwa Tuan Guru Abdurrahman Kopi adalah seorang ulama ahli Tauhid.

Di Kampung Gadung (Rantau), Abah Guru Sekumpul belajar kepada Tuan Guru Muhammad. Abah Guru Sekumpul belajar kepada beliau tentang Nur Muhammad. Tuan Guru Muhammad adalah anak dari Syekh Salman Al Farisi bin Qodhi H. Mahmud bin Asiah binti Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari. Abah Guru Sekumpul berkali kali datang ke Guru Muhammad di Rantau untuk mengaji Soal Nur Muhammad. Karena yang dikaji ini adalah yang luar biasa perlu bimbingan guru khusus.

Di Kandangan, beliau belajar kepada Tuan Guru Muhammad Aini. Disini beliau belajar ilmu Al Qur'an. Abah Guru Sekumpul menjadi salah satu murid yang dibanggakan beliau, karena bacaan Abah Guru Sekumpul sangat bagus. Abah Guru Sekumpul pun sempat di ajak ke acara maulid barzanji di Kandangan oleh Guru Muhammad Aini. Disana Abah Guru Sekumpul melihat orang orang Kandangan yang sangat semangat membaca maulid barzanji sampai urat lehernya terlihat jelas.

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=OTP0iD3zFB0&t=3028s

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner