Ragam Istilah Memancing Ikan Urang Banjar, Dari Memair, Membandan Sampai Membanjur | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Sabtu, 08 Januari 2022

Ragam Istilah Memancing Ikan Urang Banjar, Dari Memair, Membandan Sampai Membanjur

Sumber foto: galamedia.pikiran-rakyat.com

1. Maunjun

Memancing dalam Bahasa banjar disebut meunjun. Kegiatan ini memerlukan seperangkatan peralatan yang terdiri dari galah Panjang, tali berupa nilon dan mata pancing. Sedangkan umpan yang digunakan bisa berupa cacing, larva serangga, nener udang, atau makanan buatan. Beberapa kegiatan penangkapan ikan tradisional yang mempunyai prinsip yang sama dengan memancing tetapi mempunyai kekhasan tertentu seperti : memair, membandan dan membanjur

2. Memair

Memair ini khusus untuk menangkap ikan jenis haruan atau tauman. Kegiatan ini bisa dilaksanakan pada siang maupun malam hari, baik disawah maupun di sungai sungai. Yang jadi ciri khas kegiatan memair ini adalah menggunakan umpan kodok.

3. Membandan

Secara alamiah, ikan haruan/tauman yang baru menetas akan menjaga anak anak nya hingga berperilaku sangat ganas. Benda asing yang menggangu anak nya akan diterkam sang induk. Sikap ganas ini yang dimanfaatkan untuk ditangkap. Membandan memerlukan 2 buah pancing. Pancing pertama diikatkan anak bebek yang masih hidup. Secara spontan induk ikan akan menerkam anak bebek. Saat induk menerkam anak bebek, didekatkan pancing kedua lengkap dengan mata pancing. Induk haruan tersebut akan terperangkap pada pancing kedia.

4. Membanjur

Membanjur adalah meletakkan pancing pada tempat tempat tertenntu untuk mengambilnya pada hari berikutnya. Kegiatan membanjut menggunakan alat pancing dengan ukuran pancing yang pendek.

5. Melunta

Lunta adalah semacam jarring yang pada sisinya diberi pemberat (besi yang berbentuk cincin). Kegiatan melunta ini dilaksanakan pada sungai atau daerah lebak yang masih tergenang air pada waktu siang hari. Mlelunta ini relative mudah, hanya dengan melempar lunta secara terbuka ke permukaan air, membiarkannya tenggelam, kemudian diangkat secara perlahan lahan. Ikan akan terperangkap di lunta tersebut.

6. Melukah

Melukah merupakan kegiatan menjebak ikan dengan alat yang disebut lukah. Lukah adalah suatu alat corong Panjang. Melalui lubang depan, ikan bisa masuk, namun tak bisa keluar melalui lubang belakang karena tertutup. Alat tangkap ikan tradisional ini terbuat dari bambu, mempunyai bermacam ukuran dan cukup banyak dijual di pasar tradisional.

7. Mahampang

Hampang adalah anyaman yang terbuat dari bilah bambu yang dianyam secara jarang. Kegiatan mehampang ini dilaksanakan pada saat air mengalir turun. Hampang dipasang untuk menjebak ikan ikan yang turun bersamaan dengan turunnya air.setelah air kering, ikan ikan yang terkumpul akibat pemasangan hampang tinggal diambil.

8. Mengacal

Mengacal adalah kegiatan mengangkap ikan langsung menggunakan tangan, tanpa alat bantu. Petani di lahan rawa sudah terampil menangkap ikan dengan cara mengacal ini. Mengacal ini dlaksanakan pada musim kemarau saat air mulai kering.

9. Menyarakap.

Menyarakap adakah kegiatan menangkap ikan langsung dengan alat yang disebut sarakap. Sarakap terbuat dari bilah bilah bambu yang disusun/dianyam berbentuk tabung. Bagian bawah runcing untuk menancapkan kedasar tanah, Sedangjap bagian atas tidak tertutup yang bertujuan untuk mengambil ikam yang terjebak. Menyarakp ini dilaksanakan pada saat air mulai kering

10. Meringgi

Meringgi merupakan kegiatan mencari ikan secara masif. Dengan memasang jarring pada sungai atau sumut besar dengan tujuan agar ikan terperangkap pada lubang jarring tersebut. Ringgi atau jaring yang digunakan mempunyai besar lubang tertentu. Untuk menjebak ikan sepat menggunakan ringgi dengan ukuran lubang yang lebih kecil dibanding ikan papuyu atau sapat siam.

Link artikel asli : http://balittra.litbang.pertanian.go.id/index.php/component/content/article/69-publikasi/artikel-ilmiah/1689-penangkapan-ikan-secara-tradisional-petani-lahan-rawa?itemid=101

Dari instagram @kabardaribanjar

 

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner