Kisah Abah Guru Sekumpul Mulai Memperbanyak Sholawat Atas Saran Dari Ayahanda Beliau | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 15 Juli 2022

Kisah Abah Guru Sekumpul Mulai Memperbanyak Sholawat Atas Saran Dari Ayahanda Beliau

 


Suatu saat, Abah Guru Sekumpul pernah mengamalkan dzikir puluhan ribuan kali dalam setiap harinya. Dzikir tentunya sangat bagus dan dianjurkan dalam agama. Namun, ada efek samping dari beliau “terlalu banyak” mengamalakan dzikir. Efeknya adalah beliau mudah emosional ketika melihat sesuatu yang bertentangan dengan ajaran agama islam.

Yang jadi pertanyaan, mengapa orang banyak dzikir menjadi emosional ketika melihat sesuatu yang bertentangan dengan agama?. Tuan Guru Kapuh di Kandangan menjelaskan, apabila seorang banyak melakukan dzikir maka akan muncul “ghirah” dalam beragama. Orang ghirah akan merasa dekat dengan Allah tidak suka bahkan emosional ketika melihat sesuatu bertentangan dengan agama. Itulah efek samping dari terlalu banyak berdzikir.

Emosional nya orang yang ghirah dalam agama sebenarnya adalah hal yang positif. Tapi dalam mendakwahi masyarakat, tidak bisa dengan emosional. Harus dengan lemah lembut dan akhlaq yang baik.

Kembali ke kisah Abah Guru Sekumpul. Abah Guru Sekumpul merasakan ghirah yang luar biasa itu tidak berlangsung lama. Ayah beliau, H. Abdul Ghani mengetahui mengapa sang anak menjadi seperti itu. Lalu ayah beliau menyarankan kurangi membaca dzikir, perbanyak membaca sholawat. Insya Allah akan bisa kembali menjadi lemah lembut dan rahmatan lil ‘alamin.

Lalu Abah Guru Sekumpul perbanyak membaca sholawat, terutama dalail khoirot. Sejak saat itu, Abah Guru Sekumpul kembali menjadi seorang yang lemah lebut dan kasih sayang kepada sesama. Kalangan langit sayang, penduduk dunia pun sayang kepada beliau.

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=iEM3hinIHn4

 

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner