Guru Salman Jalil : “Aku Menemukan Sosok Murobbi Mursyid Pada Diri Abah Guru Sekumpul”. Kisah Ulama Sepuh Martapura Yang Berguru Kepada Muridnya. | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Sabtu, 23 Juli 2022

Guru Salman Jalil : “Aku Menemukan Sosok Murobbi Mursyid Pada Diri Abah Guru Sekumpul”. Kisah Ulama Sepuh Martapura Yang Berguru Kepada Muridnya.

 


Guru Salman Jalil adalah ulama sepuh kota Martapura. Beliau adalah guru dari Abah Guru Sekumpul saat masih jadi santri. Namun, dimasa tua nya Tuan Guru Salman Jalil Kembali lagi berguru kepada Abah Guru Sekumpul.

Lalu suatu hari ada seorang yang bertanya kepada Guru Salman Jalil, kenapa beliau masih ikut mengaji ilmu agama ke Sekumpul padahal beliau sudah tua dan luar biasa alim nya?. Lalu Tuan Guru Salman Jalil menjawab, jika ciri ciri “Murobbi Mursyid” di kitab ada pada diri mu maka aku akan berguru kepada mu.

Artinya Tuan Guru Salman Jalil menemukan sosok “Murobbi Mursyid” ada pada diri Abah Guru Sekumpul. Ciri Murobbi Mursyid itu tertera jelas ada dikitab yang beliau pelajari. Ini yang membuat walau Guru Salman Jalil adalah guru abah guru sekumpul, Guru salman jalil dimasa tuanya tidak ragu untuk berguru lagi kepada Abah Guru Sekumpul.

Bahkan Tuan Guru Salman Jalil tidak mau berkubur di depan makam Abah Guru Sekumpul, karena merasa Abah Guru Sekumpul adalah guru beliau. Maka dari itu yang berkubur di kubah sekumpul ada tiga, yaitu Guru Seman Mulia, Abah Guru Sekumpul dan Guru Salman Jalil.

Guru Salman Jalil adalah ahli ilmu falak. Namun ketika ditanya awal akhir Ramadhan, beliau lebih memilih ikut kepada Abah Guru Sekumpul. Padahal beliau ahli dalam menentukan awal dan akhir Ramadhan. Namun sejak mengaji dengan Abah Guru Sekumpul, beliau tidak mau lagi memakai ilmu perhitungan tersebut. Dan Abah Guru Sekumpul menyarankan untuk ikut keputusan pemerintah tentang awal dan akhir Ramadhan.

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=ny8DNLzWo_4&t=5154s


Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner