21 Sekolah di Banjarmasin Bakal Terapkan Implementasi Kurikulum Merdeka | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 15 Juli 2022

21 Sekolah di Banjarmasin Bakal Terapkan Implementasi Kurikulum Merdeka

BERITABANJARMASIN.COM - 21 sekolah tingkat TK, SD, dan SMP di Banjarmasin akan menerapkan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) tahun ini.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, Nuryadi menerangkan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim telah mengumumkan kurikulum resmi berganti nama menjadi kurikulum merdeka.

Nantinya pelaksanaan kurikulum merdeka tersebut mulai diluncurkan di sekolah lain selain sekolah penggerak. "Jadi kurikulum saat ini dikembangkan lagi oleh pemerintah lewat IKM tersebut," ujarnya Jumat (15/7/2022) 

Ia menjelaskan usulan kurikulum terbaru tersebut dilakukan per semester atau per enam bulan, yang akan dikembangkan oleh guru bersangkutan.

Artinya menurut ia pelaksanaan kurikulum tersebut menuntut inovasi dan kreatifitas para guru dalam meramu pembelajaran yang akan diberikan. "Sehingga guru sudah terlebih dahulu melakukan penyusunan pembelajaran," ucapnya.

Untuk itu lanjutnya, ia memberikan kewenangan kepada guru untuk memutuskan kurikulum yang terbaik sesuai kesiapan sekolah.

Mengingat pelaksanaan kurikulum prototype sendiri telah dilaksanakan sejak 2021 lalu dan ada sekitar 15 sekolah menjalankannya. (arum/maya)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner