Wali Kota Banjarmasin Imbau Masyarakat Waspada Terjadinya Banjir Rob | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Selasa, 14 Juni 2022

Wali Kota Banjarmasin Imbau Masyarakat Waspada Terjadinya Banjir Rob

BERITABANJARMASIN.COM - Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina, mengimbau seluruh masyarakat untuk waspada terjadinya banjir rob.

Hal itu sesuai peringatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk beberapa wilayah pesisir Indonesia tak terkecuali Kalsel. Ibnu mengatakan pihaknya terus melakukan upaya antisipasi dalam penanganan banjir. "Banjir rob ini sudah sering terjadi di kota, sehingga kewaspadaan tetap harus kita lakukan," terangnya, (14/6/2022).

Berbagai antisipasi tersebut ujar wali kota dua periode ini mulai pemeliharaan drainase hingga melakukan program normalisasi sungai yang saat ini menjadi prioritas.

Selain itu, pihaknya juga telah mempersiapkan tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin untuk terus siap siaga jika diperlukan. Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Suri Sudarmadyah bahwa pemeliharaan drainase terus dilakukan pihaknya.

Misalnya dengan rutin menerjunkan pasukan turbo untuk melakukan kebersihan drainase agar tidak tersumbat. "Sebab drainase memiliki peran aktif dalam antisipasi terjadinya genangan maupun banjir," jelas ia.

Pihaknya juga akan mengevaluasi di beberapa kawasan yang sering terjadi penyumbatan aliran air. Kemudian akan dibuatkan pintu air sampai ke arah Teluk Dalam dan Sabilal untuk mengantisipasi genangan air. "Baik itu kapasitas salurannya sendiri maupun drainasenya," imbuhnya.

Tidak hanya itu, rencananya setiap pintu air akan dipasang klep, guna menahan air agar tidak meluap jika air laut pasang. Bahkan kata ia penanganan juga mendapatkan bantuan anggaran dari Bank Dunia untuk pelaksanaaan normalisasi sungai. Terutama pada kawasan sungai Veteran yang menjadi kanal aliran sungai. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner