Kisah H.Mulia, Kakek Abah Guru Sekumpul Yang Hidupnya Berkah Berkat Berkhadam Kepada Syekh Kasyful Anwar Martapura | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 22 Juni 2022

Kisah H.Mulia, Kakek Abah Guru Sekumpul Yang Hidupnya Berkah Berkat Berkhadam Kepada Syekh Kasyful Anwar Martapura

 


Abah Guru Sekumpul (Syekh M. Zaini bin Abdul Ghani) adalah salah satu ulama besar Martapura. Beliau adalah anak dari Masliah binti H. Mulia. Terdapat kisah inspiratif dari kakek beliau yang Bernama H. Mulia ini yang mendapat keberkahan hidup berkat berkhadam/melayani kepada ulama.

H. Mulia ini awalnya hidup sederhana. Namun kehidupan beliau berubah, penghasilan meningkat sejak beliau menjualkan intan dari Syekh Kasyful Anwar Martapura. Syekh Kasyful Anwar adalah ulama besar Martapura dan pimpinan ponpes Darussalam Martapura zaman itu.

Pelajaran yang dapat diambil dari kisah H. Mulia ini adalah dekatlah dengan ulama, lalu berkhadam lah kepada ulama, hingga terasa lah keberkahannya. Sebagaimana H. Mulia yang hidupnya sederhana, lalu dekat dengan Syekh Kasyful Anwar, ikut mengaji ilmu dan membantu dengan beliau. Hingga akhirnya H. Mulia diminta ikut menjualkan intan dari Syekh Kasyful Anwar dan hidup beliau pun berkecukupan.

Menurut Riwayat, H. Mulia ini memiliki rumah ulin, dengan atap sirap. Itu adalah tanda dari orang kaya Martapura dizaman itu. Bahkan ketika beliau menikahkan anak, beliau mengadakan “aruh besar”.  Beliau juga menyembelih sapi sebagai tanda bahwa itu acara besar, karena sapi saat itu sangatlah mahal hingga jarang ada yang bisa membeli sapi. Itulah sebagian dari keberkahan dari dekat dan ikut melayani ulama.

H. Mulia juga memiliki anak yang menjadi ulama besar Martapura, yang Bernama M. Seman. Di kemudian hari beliau dikenal sebagai Syekh Seman Mulia, paman sekaligus guru dari Abah Guru Sekumpul Martapura

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=ig9qHkw3LDg

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner