Antisipasi Karhutla, BPBD Kalsel Imbau Kabupaten/Kota se-Kalsel Lakukan Persiapan | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 09 Juni 2022

Antisipasi Karhutla, BPBD Kalsel Imbau Kabupaten/Kota se-Kalsel Lakukan Persiapan

BERITABANJARMASIN.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel mulai melakukan siaga bencana mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). 

Untuk itu Kepala BPBD Kalsel, Mujiyat meminta sejumlah daerah di Kalsel untuk menyiapkan sejumlah personel serta peralatan pemadam api. "Hotspot sudah mulai muncul, kita mulai masuk musim panas tinggi," kata ia, Rabu (8/6/2022). 

Pihaknya juga sudah menyiapkan surat keputusan (SK) siaga karhutla untuk diserahkan kepada setiap kabupaten/kota. 

Terlebih untuk kabupaten yang memang rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan saat memasuki cuca panas, seperti Kabupaten Barito Kuala, Kabupaten Banjar, dan Tanah Laut. 

Mujiat mengatakan agar SK siaga karhutla ini segera mendapat tindak lanjut dari BNPB pusat, ia meminta agar setiap kepala daerah segera menyiapkan surat ketetapan siaga darurat. "Persiapan daerah yang penting buat SK dari bupati atau walikota," ujarnya. 

Selain menyiapkan alat penyemprot air, pihaknya juga akan mendapat bantuan 16 unit helikopter dari BPBD pusat untuk penanganan karhutla. (fitri/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner