Kisah Ketika Datuk Kalampayan Menjenguk Datu Sanggul di Kampung Tatakan | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Selasa, 10 Mei 2022

Kisah Ketika Datuk Kalampayan Menjenguk Datu Sanggul di Kampung Tatakan



Suatu Ketika, Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari (Datu Kalampayan) pergi ke Hulu Sungai Bersama murid beliau dengan naik perahu. Perlengkapan dan perbekalan disediakan, dari beras, lauk pauk dan keperluan lainnya. Tujuan beliau ke Hulu Sungai adalah menemui sahabat dan saudara beliau yang Bernama Datu Sanggul (Ahmad Sirajul Huda) yang tinggal di Kampung Tatakan, Hulu Sungai.

Setiba disana, hari pun senja. singgah lah Datu Kalampayan dan rombongan di rumah tetuha kampung. Tetuha kampung ini yang mengantarkan Datu Kalampayan ke tempat tujuan.

Di lain tempat, sebelum senja Datu Sanggul sedang berkumpul dengan keluarga beliau dan berwasiat : “Apabila aku tutup usia, maka untuk memandikan jenazahku, aku minta saudaraku Arsyadlah yang melaksanakannya, ia berada di kampung Dalampagar, Martapura”.

Beberapa saat setelah wasiat tersebut, wafatlah Datu Sanggul. Keluarga beliau pun hendak pergi ke Dalam Pagar untuk menyampaikan wasiat tersebut kepada Syekh Muhammad Arsyad.

Namun, ketika hendak pergi, tiba tiba datanglah rombongan Syekh Muhammad Arsyad didepan rumah Datu Sanggul. Suasana hening seketika karena takjub akan kebesaran Allah dalam memudahkan wasiat Datu Sanggul.

Lalu dimandikanlah Datu Sanggul oleh Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari. Perbekalan yang dibawa oleh Datu Kalampayan dari Martapura itu digunakan untuk keperluan saat dirumah Datu Sanggul.

Sumber : Sumber : buku "Maulana Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari" tulisan Abu Daudi halaman 43, sub judul "Menjenguk Sahabat" hal 64

 

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner