Jejak Urang Banjar di Tanah Kedah Malaysia | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 09 Mei 2022

Jejak Urang Banjar di Tanah Kedah Malaysia


Keberadaan urang banjar di Malaysia tak lepas dari para keturunan Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari (Datu Kalampayan Martapura). Ada seorang keturunan Datu kalampayan Martapura yang bernama Qodhi H. Abu Su'ud. Beliau adalah Qodhi pertama kesultanan Banjar.

Suatu ketika, Qodhi H. Abu Su'ud pulang dari Makkah menuju Kalimantan Selatan. Kapal yang beliau tumpangi saat itu melewati Kuala Kedah. Ternyata terjadi kesalah pahaman antara petugas keamanan dan nahkoda kapal saat itu. Karena saat itu kerajaan Kedah sedang konflik bersenjata dengan kerajaan Siam,

Setelah diperiksa, ternyata hanya terjadi kesalah pahaman isyarat. Petugas keamanan mengira kapal yang menjadi tumpangan qodhi H. Abu Su'ud itu ingin berperang dengan Kerajaan Kedah. Akhirnya kapal dibebaskan kembali.

Namun, khusus untuk Qodhi H. Abu Su'ud diminta oleh kerajaan Kedah menetap di Kedah. Beliau mau dan akhirnya beliau menetap di kedah dan membimbing masyarakat kedah dalam hal ilmu agama.

Qodhi H. Abu Su'ud pun menikah dengan wanita kedah dan melahirkan anak cucu urang Banjar disana. Diantara keturunan beliau disana adalah Syekh H. Husin Kedah Al Banjari.

Syekh Husin Kedah Al Banjari menjadi ulama besar di wilayah Kedah. Beliau mendirikan "Al Madrasatul Khairil Al Islamiyah" yang sampai sekarang masih mengadakan kegiatan belajar mengajar oleh anak cucu Tuan H. Husin Kedah Al Banjari.

Tuan Syekh Husin Kedah wafat pada tahun 1354 H/1935 M. Beliau wafat di usia kurang lebih 74 tahun.

Sumber : buku "Maulana Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari" tulisan Abu Daudi halaman 43, sub judul "Isteri Yang Bernama Tuan Bidur" hal 112

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner