FEATURE: Zainuddin, Lelaki Penanti Kapal, Setia Puluhan Tahun Jualan Gelang di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 09 Mei 2022

FEATURE: Zainuddin, Lelaki Penanti Kapal, Setia Puluhan Tahun Jualan Gelang di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin

Usia senja tak menyurutkan semangat lelaki berusia 60 tahun ini. Dengan langkah dan tenaga yang masih ada ia memikul dan menjajakan dagangannya berupa gelang yang beraneka warna dan motif di Pelabuhan Trisakti.

Maya Andriani | Banjarmasin, BeritaBanjarmasin.com

Dengan semangat setiap harinya, Zainudin membawa wadah cukup besar menjajakan dagangannya berkeliling bahkan sampai ke luar Banjarmasin. 

Setiap hari dirinya mangkal di terminal Pelabuhan Trisakti Bandarmasih sembari menawarkan dagangannya.

Sudah hampir 30 tahun lamanya ia berjualan di tempat tersebut. Jika ada kapal yang sandar dirinya akan mendekat, sedangkan jika sepi ia memilih berjualan di tempat wisata seperti di Pantai Pagatan, Kabupaten Tanbu. "Kalau waktunya tak tentu, jika kapal berangkat pukul 15.00 Wita saya 14.00 Wita sudah di pelabuhan," katanya.

Dirinya biasa berjualan siang hingga sore hari di pelabuhan sedangkan di malam harinya ia memilih di Siring 0 KM Banjarmasin yang ramai dan menjadi salah satu tempat kunjungan wisatawan. "Di terminal KM6 juga biasanya, saya kalau sepi di satu tempat saya beralih ke tempat lain," ujar warga Kelayan ini.

Ia menjual berbagai macam jenis gelang beraneka warna dan motif dengan harga sama rata yaitu Rp5 ribu sedangkan untuk aksesoris cincin dia jual seharga Rp15 ribu. Barang tersebut ia dapatkan dari wilayah Martapura.

Seperti pada suasana mudik tahun ini Zainudin mengungkapkan banyak mendapat berkah hingga keuntungan hampir 50 persen. Ia menyampaikan barang-barang yang ia jual tersebut banyak dibeli pemudik dari luar daerah untuk dijadikan oleh-oleh.

Zainudin juga tak menampik setelah puluhan tahun lamanya berjualan mengalami jenuh namun karena menjadi mata pencaharian sehari-hari ia terus bersemangat dalam bekerja. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner