Bantu Guru Tingkatkan Kualitas Asesmen, Dosen Pendidikan Bahasa Inggris FKIP ULM Adakan Pelatihan di SMPN 7 Banjarmasin | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Sabtu, 21 Mei 2022

Bantu Guru Tingkatkan Kualitas Asesmen, Dosen Pendidikan Bahasa Inggris FKIP ULM Adakan Pelatihan di SMPN 7 Banjarmasin

BERITABANJARMASIN.COM - Tim dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP ULM menggelar pelatihan asesmen bahasa Inggris di SMPN 7 Banjarmasin.

Kegiatan digelar dari 10--19 Mei 2022 yang merupakan bentuk pengabdian dosen dan mahasiswa kepada masyarakat khususnya para guru Bahasa Inggris SMP di Kota Banjarmasin. 

Ini untuk mewujudkan Rencana Strategis Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) dalam upaya memberdayakan dosen sebagai pengembang kelompok kegiatan pengabdian kepada masyarakat. 

"Serta meningkatkan kerja sama dengan lembaga mitra di bidang pengabdian kepada masyarakat," ujar Ketua Tim Dosen Prodi Bahasa Inggris FKIP ULM, Dr. Jumariati M.Pd

Adapun tujuannya untuk membantu para guru meningkatkan pemahaman tentang asesmen bahasa Inggris dan meningkatkan keterampilan mereka dalam menyusun soal bahasa Inggris SMP berbasis kemampuan berpikir tingkat tinggi/kritis (Higher Order Thinking Skills atau HOTS). 

Dinilai selama ini, para guru masih mengalami kesulitan dalam menyusun soal mata pelajaran Bahasa Inggris yang menguji kemampuan berpikir kritis. Soal yang disusun masih dalam tingkat rendah (Lower Order Thinking Skills atau LOTS). 

Sehingga, perlu dilakukan pelatihan kepada para guru agar mereka memiliki pemahaman yang baik tentang asesmen bidang bahasa Inggris dan mampu menyusun soal yang menguji kemampuan berpikir peserta didiknya khususnya kemampuan berpikir tingkat tinggi/kritis. 

Selain itu juga untuk mendukung upaya pemerintah dalam mencapai target pendidikan nasional yaitu meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis, berkreasi, berinovasi, berkomunikasi, dan bekerja sama dengan penuh percaya diri. 

Kemudian topik yang diangkat menjadi stimulus soal adalah kearifan lokal lingkungan lahan basah mencakup budaya masyarakat Banjar sebagai bentuk dukungan pencapaian misi Universitas Lambung Mangkurat untuk menjadi perguruan tinggi terkemuka dan berdaya saing di lingkungan lahan basah.

Adapun Tim dosen dan mahasiswa yang melaksanakan kegiatan tersebut diketuai Dr. Jumariati, M.Pd dan empat anggota yakni Dr. Hj. Noor Eka Chandra, M.Pd,Eka Puteri Elyani, S.Pd., M.Pd, Saarah Nabiilah Octaviani dan Tsaltsa Rafiah Purnomo.(adv)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner