Sayur Kambang Tigarun, Salah Satu Sayur Langka Khas Banjar Yang Banyak Peminatnya | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 07 April 2022

Sayur Kambang Tigarun, Salah Satu Sayur Langka Khas Banjar Yang Banyak Peminatnya

Sumber foto : gotravelly.com


Sayur kambang tigarun atau jaruk tigarun adalah masakan khas Banjar yang cukup langka. Selain karena memang bukan makanan yang umum, bunga tigarun yang menjadi bahan utama masakan ini juga muncul musiman

Konon bunganya mekar pada saat air pasang. Saat bunganya muncul inilah akan dipetik, untuk selanjutnya diolah menjadi jaruk tigarun.

Tigarun adalah tanaman berupa berupa pohon yang tumbuh tidak terlalu tinggi. Tersebar dibeberapa daerah asia tengga hingga India. Dalam Bahasa inggris dikenal sebagai “Three-leaf caper” (Tiga daun). Hal ini dikarenakan tanaman ini memiliki tiga daun yang tumbu dalam satu tangkainya.

Menurut Arief Sandjoto dan kawan kawan di jurnal “warta konservasi lahan basah volume 22 no.2 juli 2014”. Tigarun termasuk tanaman berbunga banyak. Bunga berada di ujung ranting dan termasuk bunga majemuk tak berbatas. Berdasar alat kelamin, bunga tigarun termasuk bunga banci atau dua kelamin.

Jaruk tigarun dibuat dengan cara memfermentasikan bunga tigarun dalam air matang hangat selama beberapa waktu. Hasilnya akan muncul cita rasa khas tersendiri yang sulit dideskripsikan.Dimana rasa hasil kuah rendamannya terasa pahit dan asam namun tidak kuat. Semantara jaruk tigarun nya dapat dilalap dengan sambal hingga memunculkan cita rasa yang nikmat.

Sumber instagram @sejarah_banua

Link tulisan asli : https://www.instagram.com/p/CBz_CrEAPOq/

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner