Siapakah Pejuang Kalsel Pertama Yang Mendapatkan Gelar Pahlawan Nasional? | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 30 Maret 2022

Siapakah Pejuang Kalsel Pertama Yang Mendapatkan Gelar Pahlawan Nasional?



Kalsel memiliki empat pahlawan nasional. Diantaranya Pangeran Antasari, Brigjen TNI (Purn.) Hasan Basry, KH Dr Idham Chalid, dan Ir. H. Pangeran Muhammad Noor. Namun diantara beliau ber empat, siapakah yang paling pertama menjadi pahlawan nasional?

Dibanding tiga pahlawan nasional Kalsel lainnya, Pangeran Antasari lah yang paling pertama mendapat gelar Pahlawan Nasional. Beliau dianugerahi gelar Pahlawan nasional pada tahun 1968.

Kemudian disusul oleh Brigjen TNI (Purn.) Hasan Basry yang dianugerahi gelar pahlawan nasional pada tahun 2001. Selanjutnya KH Dr Idham Chalid yang dianugerahi gelar pahlawan pada 2011, dan yang terakhir Ir. H. Pangeran Muhammad Noor pada 2012.

Gelar pahlawan hanya sekedar gelar formalitas. Masih banyak para pejuang Banjar yang mati matian bejuang untuk kemerdekaan namun belum mendapat gelar pahlawan. Seperti Demang Lehman, Pangeran Hidayatullah, Pangeran Amir, Ratu Zaleha, dan banyak lagi. Semoga kita sebagai generasi penerus bisa meneladani semangat juang para pendahulu kita.

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner