ADVERTORIAL: Komisi II Kunjungi Badan Pendapatan Daerah Kaltim Terkait Pelaksanaan Pelayanan Berjalan | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Selasa, 15 Maret 2022

ADVERTORIAL: Komisi II Kunjungi Badan Pendapatan Daerah Kaltim Terkait Pelaksanaan Pelayanan Berjalan

BALIKPAPAN - Upaya optimalisasi penerimaan daerah yang bersumber dari pajak kendaraan bermotor, Rombongan Komisi Il DPRD Provinsi Kalimantan Selatan berkunjung ke Badan Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Timur terkait dengan pelaksanaan pelayanan kesamsatan yang berjalan di Provinsi Kalimantan Timur, Jum’at (11/03) pagi.

Ketua Komisi II Imam Suprastowo mengatakan tujuan kedatangan rombongan Komisi II bersama dengan jajaran Badan Keuangan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan yaitu untuk saling bertukar informasi terhadap upaya dari pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dalam menggali potensi dan meningkatkan sektor pendapatan khususnya pada jenis pajak yang dikelola pada Unit Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah.

“Hari ini kita komparasi ke Samsat Balikpapan dimana di Balikpapan itu ada 3 Samsat Utama dan 10 Samsat Pembantu. Kita banyak dapat masukan-masukan terutama tentang kesamsatan.  Pendapatan dari Samsat Balikpapan itu sendiri bisa mencapai 3 Triliun lebih, hampir 50% PAD yang ada di Kalimantan Selatan,” tutur Imam.

Kepala UPTD Pelayanan Pajak & Retribusi Daerah (PPRD) Wilayah Balikpapan Bapak S.A.C Halib AQ menjelaskan bahwa UPTD PPRD Wilayah Balikpapan merupakan 1 (satu) dari 9 (sembilan) UPTD wilayah yang dimiliki Provinsi Kalimantan Timur dan Provinsi Kalimantan Timur juga telah memiliki SIMPATOR (Sistem Informasi Monitoring Pajak Kendaraan Bermotor) yaitu layanan website yang dibangun untuk menunjang aktifitas pemerintahan dalam hal keterbukaan data dan pelayanan publik pada Pajak Kendaraan Bermotor.

Kemudian, UPTD PPRD Wilayah Balikpapan memiliki aplikasi  Mobile Banking Payment yaitu sistem aplikasi pembayaran PKB, PNBP dan SWDKLLJ melalui smart-phone dengan menggunakan aplikasi yang terdapat di  seluruh Android/IOS yang dapat diunduh langsung di smartphone wajib pajak. 

“Dengan adanya fasilitas ini maka pembayaran PKB, PNBP dan SWDKLLJ bisa dilakukan dengan mudah dimanapun dan kapanpun, aplikasi mobile banking payment ini bekerjasama dengan Bank Kaltim,” jelasnya.

Halib sapaan akrab S.A.C Halib AQ menambahkan berbagai inovasi-inovasi layanan untuk memberi kemudahan kepada wajib pajak sehingga wajib pajak dapat melakukan pembayaran melalui Tokopedia, Link Aja, Samsat pegadaian, Samsat Gojek, Indomaret, Samsat Pojok Pos, M-Pay Pos, Samsat kelurahan, Informasi Pajak, Samsat Payment Point, Samsat Corner, Samsat Keliling, Samsat Drive Thru, Simpator, E-Samsat Bhabinkamtibmas.

Politisi Fraksi PDI Perjuangan menambahkan ada lagi kesamsatan yang diperoleh yaitu bagaimana cara agar tidak lagi mengganti Plat Nomor harus ke Polisi Daerah (Polda) tapi cukup di mobil samsat mereka. “Ini yang menjadi masukkan-masukkan ke depan supaya bisa dilaksanakan di Kalimantan Selatan sehingga masyarakat untuk membayar pajak lebih cepat dan efisien,” harap Imam.

Selain itu keinginan untuk membayar pajak itu sudah besar akan tetapi masih sulit. “Ini yang harus ada terobosan-terobosan agar kedepan lebih mumpuni lagi sehingga Pendapatan Asli Daerah kita lebih meningkat,” tutupnya.

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner