Setelah Belajar di Makkah, Datu Kalampayan Ingin Belajar Ke Mesir, Namun Dibatalkan Atas Saran Guru Beliau | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 25 Februari 2022

Setelah Belajar di Makkah, Datu Kalampayan Ingin Belajar Ke Mesir, Namun Dibatalkan Atas Saran Guru Beliau


Setelah 30 tahun lebih belajar di Makkah, akhirnya Datu Kalampayan menguasai berbagai macam keilmuan. Baik ilmu agama, maupun ilmu umum. Seperti ilmu tasawuf, usul fiqih, cabang cabang bahasa Arab, astronomi dan lain lain.

Namun, keinginan beliau akan menuntut masih begitu kuat. Beliau bersama kawan kawan beliau dari tanah air ingin melanjutkan belajar ke negeri Mesir.

Tapi niat tersebut terpaksa dibatalkan. Karena guru beliau yang bernama Syekh Sulaiman Al Kurdi menyarankan kepada beliau semua untuk kembali ke tanah air untuk membimbing masyarakat daerah masing masing.

Syekh Sulaiman Al Kurdi menyatakan bahwa keilmuan Datu Kalampayan dan kawan kawan beliau sudah cukup dalam dan luas. Hingga lebih Penting untuk memberi pelajaran dan bimbingan ke masyarakat di kampung halaman.

Akhirnya Datu Kalampayan dan kawan kawan menuruti nasehat guru beliau itu. Dari Kalampayan sebelum ke Banjar, beliau singgah dulu ke Tanah Betawi (Jakarta) selama kurang lebih 60 hari. Beliau disana membetulkan beberapa kiblat masjid yang kurang tepat.

Datu Kalampayan diberangkatkan Belajar ke Makkah diusia menjelang 30 tahun. Kesultanan Banjar membiayai Datu Kalampayan belajar disana. Dengan harapan ilmu Datu Kalampayan bisa beanfaat untuk mengajari rakyat Banjar dalam hal keagamaan.

Sumber : buku "Datu Datu Terkenal Kalimantan Selatan". Terbitan "Sahabat" Mitra Pengetahuan 2013. Sub judul "Datu Kalampayan Martapura " halaman 31

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner