Peremajaan Tanaman Diharapkan Tingkatkan Produktivitas Getah Karet Kalsel | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 13 Januari 2022

Peremajaan Tanaman Diharapkan Tingkatkan Produktivitas Getah Karet Kalsel

BERITABANJARMASIN.COM - Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kalsel membangun program pengembangan berbasis korporasi petani karet. 

Program ini dibentuk untuk meningkatkan produksi dan produktivitas karet di Kalsel. 

"Poduktivitas karet saat ini baru menyentuh 1.050 kilogram karet per hektare," kata Kepala Disbunnak Kalsel, Suparmi, Rabu (12/1/2022). 

Melalui program ini Disbunnak Kalsel berupaya meningkatkan produktivitas karet di Kalsel sesuai standar nasional yaitu sebesar 1.670 kilogram per hektare. 

Caranya dengan mendorong peremajaan karet di wilayah produksi karet. Namun untuk melakukan peremajaan karet anggaran yang dibutuhkan tak bisa hanya dari anggaran pemerintah pusat, provinsi, maupun kabupaten saja, karena alokasinya sangat kecil. "Tahun ini kami hanya punya 200 hektare peremajaan karet," ungkapnya. 

Bersama korporasi, petani karet dengan adanya bantuan KUR yang bunganya relatif sangat rendah diharapkan dimanfaatkan para petani karet untuk peremajaan tanaman karetnya. Sehingga produksi getah karet meningkat. (fitri/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner