Kisah Kepemurahan Tuan Guru Zainal Ilmi Martapura Kepada Orang Yang Ekonominya Susah | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 03 Januari 2022

Kisah Kepemurahan Tuan Guru Zainal Ilmi Martapura Kepada Orang Yang Ekonominya Susah


Dalam catatan sejarah, Tuan Guru Zainal Ilmi selama hidupnya banyak menyantuni keluarga yang lemah ekonominya didaerah Dalam Pagar (Martapura), termasuk pada janda tua. Tak ada satu pun orang yang tau kecuali orang kepercayaannya beliau yang mengantarkan bantuan kepada orang yang disantuni.

Setelah Guru Zainal Ilmi wafat, barulah diketahui orang banyak dan masyarakat Dalam pagar. Bahwa beliau punya begitu pemurah seperti itu. 

Beliau juga tidak meninggalkan usaha ikhtiar untuk keperluan sehari hari. Sebagai bukti bahwa beliau pernah mendirikan pabrik penggilingan padi dan usaha kelistrikan.

Tuan Guru Zainal Ilmi adalah keturunan ke 5 dari Datuk Kalampayan. Tuan Guru Zainal Ilmi anak dari Haji Abdus Shamad putra Haji Muhammad Said Wali putra Aminah putri Haji Syahabuddin Putra Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari dan Hj. Qamariyyah.

Sumber : buku "Datu Datu Terkenal Kalimantan Selatan". Terbitan "Sahabat" Mitra Pengetahuan 2013. Sub judul "Datu Zainal Ilmi, halaman 115

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner