Ketua KORMINAS Ingatkan Paman Birin Siapkan Atlet di Fornas VI di Sumsel | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Selasa, 18 Januari 2022

Ketua KORMINAS Ingatkan Paman Birin Siapkan Atlet di Fornas VI di Sumsel

BERITABANJARMASIN.COM - Provinsi Kalimantan Selatan diingatkan agar mempersiapkan kontingen atlet untuk bertanding di Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VI 2022 di Sumatera  Selatan.

Hal itu disampaikan Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Nasional, Hayono Isman pada  pelantikan dan pengukuhan Ketua KORMI Kalsel Pergantian Antar Waktu (PAW) 2018 - 2023,  Sahbirin Noor beserta  pengurus lainnya,  Senin (17/01/2022) di Mahligai Pancasila Banjarmasin. 

Pada Fornas kali ini ujar Hayono, tidak hanya akan diikuti tingkat Provinsi, namun kabupaten dan kota se-Indonesia, juga ikut berpartisipasi para atlet luar negeri.  Dalam ajang ini nantinya, sedikitnya ada 56 olahraga masyarakat yang akan digelar, mulai paralayang hingga gobak sodor. 

Sahbirin Noor yang menjabat Gubernur Kalsel saat ini, terpilih secara aklamasi sebagai ketua, dalam Musyawarah Provinsi Luar Biasa KORMI Provinsi Kalsel pada tanggal 14 Oktober 2021. 

Pria yang akrab disapa Paman Birin, merupakan orang pertama dalam sejarah KORMI, jabatan ketua dipegang langsung oleh Gubernur. 

Hayono juga mengatakan, jabatan yang diemban Paman Birin sebagai ketua, bukan sebuah kebetulan, namun tidak lepas dari kecintaannya terhadap olahraga dan komitmen memajukan olahraga di daerah yang memiliki 13 kabupaten/kota ini. 

Ia menyebut, prilaku dan prestasi olahraga di Indonesia masih terbilang kurang atau perlu ditingkatkan lagi. Hayono pun mengapresiasi gagasan pembentukan Kampung Bermain yang dilakukan Pemko Banjarmasin. 

Selanjutnya, ia menekankan perlunya menanamkan mental juara bagi generasi muda dan memiliki fisik yang bugar. 

Sementara itu, Paman Birin dalam sambutannya mengatakan, selain  dituntut merealisasikan desain besar olahraga nasional. KORMI mendorong anak remaja atau generasi muda di Banua ini, agar rajin berolahraga, baik olahraga bersifat  pendidikan, maupun rekreasi. "Saya minta seluruh KORMI di Kalsel, teruse menggelorakan olahraga, mulai olahraga petualangan, hingga olahraga  digital," ujarnya. 

Di Kalsel sebut Paman Birin, sudah terbentuk kepengurusan KORMI di 13 kabupaten kota se Kalsel yang diharapkan siap mengikuti  even di tingkat  nasional  FORNAS VI Tahun 2022, di Sumatera Selatan nanti. 

Ditambahkan Sekretaris Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia (Portina) Kalsel, Yenny Frida Luntungan terpilihnya Paman Birin sebagai Ketua KORMI Kalsel sebagai penyelamat.  Mengingat menurutnya saat ini pembinaan KORMI secara menyeluruh induk olahraga masih belum merata. 

Selain itu juga untuk menciptakan masyarakat bugar untuk menekan laju pengguna BPJS adanya di KORMI. "Sehingga jangan KORMI menunggu bola tapi jemput bola kemasyarakat langsung," pungkasnya. (fitri/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner