Sejarah Usaha Perkebunan Kopra di Kalsel, Komoditas Andalan di Abad 20 | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 15 Desember 2021

Sejarah Usaha Perkebunan Kopra di Kalsel, Komoditas Andalan di Abad 20

 

Foto dari instagram @sejarahkalsel.id

Selain sahang (lada) Banjar yang menjadi Primadona di pasar Eropa pada abad 18 ada juga Kopra/Kelapa yang menjadi komoditas andalan pada abad 20.

Pada tahun 1920an perkebunan terutama kelapa dan karet diusahakan penduduk dan pengusaha swasta di Borneo Selatan . Penghasilan penduduk juga didapatkan dari kelapa. Tradisi perkebunan rakyat ini dikerjakan secara luas di seluruh Borneo Selatan. Setidaknya hingga tahun 1930an. Kebun kelapa memberi tambahan biaya hidup bagi masyarakat.

Terutama saat harga kelapa meningkat di pasar Jawa dan supply bahan baku dari daerah setempat kurang. Kelapa dari Kalimantan pun menjadi andalan untuk mencukupi industri kelapa.

Hingga tahun 1926 perkebunan kelapa baik yang dikelola secara bebas oleh rakyat maupun secara profesional perusahaan perkebunan di Kota Banjarmasin dan sekitarnya masih luas. Perkebunan rakyat tumbuh di setiap perkampungan dan di sepanjang aliran sungai.

Persebaran perkebunan merata di berbagai sisi Kota. Di bagian utara Kota yakni di sekitar aliran Sungai Alalak terdapat perkebunan Alalak Besar dan perkebunan Tandjoeng Pagar. Sementara di bagian barat Kota di sekitar Sungai Barito dan Sungai Palamboean terdapat perkebunan Louise Albertine dan perkebunan Palamboean. Di bagian timur kota yakni di aliran Sungai Martapura terdapat perkebunan. Pangambangan, perkebunan. Pematang Ramania, dan perkebunan. Sungai Lokbantan. Sayangnya, memasuki tahun 1930an kualitas kelapa menurun karena para tuan kebun tidak lagi memelihara kebunnya seperti dulu. Harga jual yang rendah dan hama merajalela. Kalaupun harga kopra sedang meningkat, masyarakat tidak merasakan karena tidak mendapatkan informasi harga. Pihak yang mendapatkan untung adalah para tengkulak.

(Sumber: D. Listiana, Perekonomian di Kota Dagang Kolonial, 2011)

Dari instagram @ sejarahkalsel.id

Sumber artikel asli : https://www.instagram.com/p/CC-_yFzALFP/

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner